Sebanyak 53 calon kepala desa dari 19 desa bertarung di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada enam kecamatan di Kabupaten Balangan.

"Dari enam kecamatan ini yang pertama Kecamatan Awayan ada dua desa, Kecamatan Batumandi satu desa, Kecamatan Halong tiga desa, Kecamatan Parsel satu desa, Kecamatan Paringin empat desa dan terakhir Kecamatan Lampihong delapan desa," kata Kabid Administrasi Pemerintahan dan Penataan Desa pada Dinas Sosial Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemerdayaan Masyarakat dan Desa Hudi Darmawan di Paringin, Rabu.

Adapun daftar desa yang melangsungkan Pilkades pada tahun 2021 yakni Desa Mangkayahu, Lok Batung, Lamida Bawah, Sungai Ketapi. Kemudian Desa Lingsir, Kusambi Hilir, Kusambi Hulu, Mundar, Hilir Pasar, Lampihong kiri, Lok Panginangan, Lampihong Selatan dan Teluk karya.

"Untuk jumlah tempat pemungutan suara sendiri dari 19 desa ini, terdapat 37 TPS serta 10.212 daftar pemilih tetap," bebernya.

Sementara untuk alur pemilih, terangnya, pemilih harus datang ke TPS dengan menggunakan masker, antre sebelum memasuki TPS karena terdapat pembatasan jumlah pemilih yang memasuki TPS dengan mempertimbangkan kapasitas tempat.

Selanjutnya, sebelum masuk TPS cuci tangan di tempat yang telah di sediakan, dilakukan pengecekan suhu tubuh, setelah itu diberikan sarung tangan, disediakan bilik khusus apabila suhu tubuh pemilih diatas 37,5 C, pemilih mendaftarkan diri dengan menyerahkan undangan pemungutan suara kepada petugas KPPS.

Kemudian, setelah mendaftar pemilih menunggu ditempat yang telah disediakan untuk dipanggil oleh petugas KPPS, petugas KPPS memanggil pemilih dan menyerahkan kertas surat suara, selanjutnya pemilih menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Terakhir, setelah melakukan pencoblosan pemilih membawa surat suara yang telah dicoblos untuk dimasukkan ke dalam kotak suara dan meninggalkan TPS dengan terlebih dahulu melepas sarung tangan dan buang di tempat yang telah disediakan. Lalu, jari pemilih akan diteteskan tinta dan segera pulang dan hindari kerumunan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021