Barabai, (Antaranews Kalsel) - Jajaran Kepolisian Resor Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan melakukan simulasi pengamanan pemilu di halaman Stadion Murakata yang melibatkan ratusan aparat keamanan.


Kapolres HST AKBP Syahril Saharda di Barabai, Rabu mengatakan, kegiatan simulasi tersebut merupakan salah satu persiapan Polri untuk melakukan pengamanan Pilkada serentak 9 Desember 2015 baik mengamankan massa selama pra-pilkada, berlangsungnya pemungutan suara, dan pasca-pilkada.

Simulasi melibatkan ratusan personel dari Polres HST itu memperagakan cara melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap kotak suara hasil pelaksanaan Pemilu dari TPS yang akan dibawa ke kantor KPU.

Pada simulasi tersebut, aparat berusaha mengamankan kantor KPU dari serangan warga yang memprotes salah satu calon kepala daerah dan simpatisannya, yang berujung pada aksi anarkis massa yang tidak puas terhadap hasil perhitungan suara.

Aksi yang semakin brutal tersebut, menyebabkan bentrokan antara aparat dan pendemo, namun dapat segera ditangani dengan sigap oleh aparat.

Dalam simulasi tersebut juga ditampilkan kesiapsiagaan pasukan pengendali massa (Dalmas) Polres HST dan unit mobil meriam air untuk menghadang massa yang berdemo, yang diwarnai aksi pelemparan kepada petugas yang bertugas untuk mengantisipasi aksi anarkis pendemo.

Pada kesempatan tersebut, aparat kepolisian bekerja sama dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja HST melakukan pengamanan dan patroli, pada saat tahapan masa tenang sesudah kampanye.

"Melalui simulasi ini kita berharap, aparat maupun masyarakat bersama-sama bertanggung jawab mengawal Pilkada secara damai," katanya.

Menurut Kapolres, dalam operasi pengamanan ini, Polres HST menurunkan 339 orang anggota Polri dan gabungan, TNI dan Linmas sebanyak 1.276 orang, yang akan disebar di 638 TPS di seluruh Kabupaten HST.

Turut berhadir dalam simulasi tersebut Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Dandim 1002/Barabai LetkolInf Krido Pramono, Kepala Kejaksaan Negeri Barabai Bambang Marsana, Ketua Pengadilan Negeri Barabai H Agus Nazaruddinsyah, Perwakilan DPRD kabupaten HST dan perwakilan Batalyon 621/Manuntung, Ketua KPU HST Subhan, Ketua Panwaslu HST M Ahsani.

Adapun dari pasangan calon yang hadir yaitu calon bupati dari jalur perseorangan Andi Mahmudi tanpa calon wakil bupati, pasangan calon H Harun Nurasid dan H Aulia Oktafiandi, serta pasangan calon H Abdul Latief dan Chairiansyah beserta para pendukung.   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015