Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Agung Budi Maryoto menyerukan gelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) damai kepada seluruh pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur.


Dia menyampaikan itu dalam acara silaturahmi dan sinergitas antara elemen penyelenggara, peserta Pilkada dan masyarakat serta penandatangan MoU Polda Kalsel dengan KPU provinsi dalam rangka pengaman Pilkada Kalsel tahun 2015, di aula Mapolda Kalsel, Selasa.

"Acara ini merupakan rangkayan dalam pengamanan Pilkada, Polda beserta jajaran beritikad baik untuk mengumpulkan para calon ini salah satunya untuk mengeratkan tali silaturrahmi, dan mengingatkan agar menjalankan kampanye dengan damai," ujarnya.

Menurut dia, harapannya pesta demokrasi rakyat ini berjalan aman dan damai karena dukungan para calon dan tim suksesnya, sebab kemenangan nantinya adalah kemenangan rakyat siapa pun yang menang diantaranya.

Kepolisian, tutur dia, akan menurunkan lebih 5.000 personil untuk pengmanan jalannya proses Pilkada di daerah ini, termasuk akan melakukan pengawalan intensif saat gelar kampanye yang dijadwalkan KPU mulai 27 Agustus 2015.

"Kita juga dibantu pihak TNI untuk pengamanan jalannya Pilkada ini," tuturnya.

Komandan Korem 101 Antasari Kolonel Inf M Abduh Ras mengungkapkan, setidaknya sebanyak 730 personil anggotanya akan membantu pengamanan Pilkada di bawah komando kepolisian.

"Kekuatan nyata sebenarnya lebih dari itu, sebab di markas TNI pada 13 kabupaten/kota semua personilnya akan siap bergerak bila terjadi situasi yang tidak kondusif," tuturnya.

Dia pun mengatakan, personilnya bersama kepolisian akan terus melakukan cipta kondisi keamanan, ketertiban di masyarakat, sehingga menperkecil timbulnya konflik-konflik yang tidak diinginkan.

Pejabat Gubernur Kalsel Tarmizi A Karim meminta, semua calon agar mentaati aturan yang sudah ditetapkan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sehingga tidak ada pelanggaran yang mencederai demokrasi ini.

"Semua aktor penyelenggaraan Pilkada harus bisa menjalankan perannya dengan baik dan sesuai aturannya," ujarnya.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Polda Kalsel itu hadir pula para anggota KPU Kalsel, Bawaslu Kalsel, rektor, dan tim sukses semua pasangan.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015