Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) melaksanakan operasi pasar murah di setiap kecamatan secara bergilir, kegiatan ini termasuk dalam salah satu rangkaian dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-71 Kabupaten HSS ke-71.

Kepala Dinas Perdagangan HSS, Sudiono, di Taniran Selatan, Senin (15/11), mengatakan operasi pasar murah kali ini, dilaksanakan di Desa Taniran Selatan, Kecamatan Angkinang, bertempat di Kantor Desa.

"Operasi pasar murah ini, menyediakan LPG 3 kilogram, beberapa bahan pokok, antara lain gula pasir, minyak goreng, teh kotak, sarden, susu kaleng, sirup rozen, kecap botol, sabun cuci piring seperti sunlight," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Dinas Perdagangan HSS gandeng Pemprov gelar pasar murah

Dijelaskan dia, pasar murah dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memudahkan mendapatkan bahan pokok dan LPG 3 kilogram, meringankan warga membeli dengan harga di bawah harga pasar.

Operasi pasar murah dalam rangka turut memeriahkan Hari Jadi ke-71 Kabupaten HSS, dan dilaksanakan di 11 kecamatan, untuk tempat operasinya pihaknya meminta masukkan dari pihak kecamatan.

Puncaknya pasar murah akan dilaksanakan tanggal 3 Desember 2021 di sekitaran Taman Palidangan Sehati. Nanti digelar Bazar Sehati yang meliputi beberapa dinas yaitu Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian.

"Datang angsung saja dan yang belanja di Bazar Sehati nanti, diutamakan yang sudah bervaksin," katanya.

Kepada masyarakat yang datang ke operasi pasar murah atau ke bazar sehati nanti, agar menaati protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
 
Adapun teknis operasi pasar untuk setiap kecamatan dibagikan kupon operasi pasar murah sebanyak 100 lembar dan kupon OP Gas LPG 3 kilogram sebanyak 280 lembar, kupon ini supaya pasar murah ini tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Pantauan TPID di Pasar Kandangan tidak terjadi lonjakan harga bahan pokok

Setiap orang dapat satu kupon dan dapat membeli lima produk bahan pokok, dengan harga pasar yang akan disubsidi Rp2 ribu per item barang, serta satu kupon OP gas LPG 3 kilogram setiap orang dapat satu tabung dengan harga HET Rp17.5 ribu.

Salah satu warga, Fatmah, mengatakan bersyukur karena hari ini merasa sangat bahagia karena di Desa Taniran Selatan dilaksanakan operasi pasar murah oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan.

“Ulun sebagai masyarakat banyak-banyak mengucapkan terimakasih untuk Bapak Bupati HSS, melalui Dinas Perdagangan karena sudah sangat membantu kami masyarakat, khususnya di Desa Taniran Selatan, yang sudah diadakan pasar murah dan mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021