Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, memberikan motivasi kepemudaan sekaligus menutup pelatihan keterampilan pemuda (PKP) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten HSS bekerjasama dengan pemerintah daerah, di pendopo wabup setempat.

Adapun kegiatan pelatihan keterampilan kepemudaan ini untuk menciptakan wirausaha baru di kalangan generasi pemuda, dan juga kegiatan ini selaras dengan visi dan misi Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat.

"Ada tiga pelatihan yang dilaksanakan satu bulan penuh, yaitu pelatihan mengemudi, pelatihan menjahit dan pelatihan desain grafis. Dan masing-masing pelatihan ada 10 orang peserta yang mengikuti, jadi seluruhnya ada 30 orang,” kata Ketua KNPI HSS, M Rezki, di Kandangan, Kamis (11/11).

Baca juga: HSS peringati hari sumpah pemuda

Dijelaskan dia, pelatihan ini merupakan sinergitas antara DPD KNPI Kabupaten HSS dan pemerintah daerah untuk mensukseskan visi misi Pemkab HSS, terkait kewirausahaan muda yang ada di daerah.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan Wabup HSS selaku Ketua Dewan Penasehat KNPI HSS yang telah banyak membantu dari kegiatan-kegiatan KNPI di Kabupaten HSS.

Sebelum menutup pelatihan tersebut secara resmi, Wabup HSS memberikan motivasi kepada para pemuda yang sudah mengikuti pelatihan, yang nantinya mereka akan merealisasikan hasil pelatihan, kemudian dirangkai penyerahan sertifikat piagam penghargaan kepada peserta pelatihan yang mendapatkan hasil nilai tertinggi di masing-masing bidang pelatihan.

"KNPI HSS punya program pelatihan kewirausahaan bagi kalangan generasi muda, yaitu ada tiga pelatihan yang pertama menjahit, kedua desain grafis dan ketiga mengemudi,” katanya.

Menurut dia, tentu ini akan sangat bermanfaat bagi generasi muda, di tengah-tengah peluang mencari lapangan pekerjaan, ada pelatihan seperti diharapkan dapat menguatkan mereka untuk menyakini bahwa hidup ini, masih banyak orang-orang yang juga bersama-sama mereka.

Baca juga: Workshop BNNK HSS penguatan kapasitas insan media dan KNPI dukung KOTAN

Dan karena mereka ini merupakan kalangan muda, tentu karier mereka sangat panjang, pihak berpesan kepada bidang-bidang yang ada tadi, menjadi profesional bisa membuat karya yang
terbaik, sehingga nanti di masyarakat jika mereka sudah menjadi bisnis jasa orang yang akan mencari.

"Dan setelah ini mungkin perlu banyak latihan, memperbanyak relasi dan menggunakan media untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Yang terpenting kita memberikan dukungan dan semangat kepada mereka," katanya.

Turut hadir,  Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, Abdul Kodir, para pengurus KNPI HSS serta para peserta pelatihan.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021