Balangan - (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 66 orang calon jemaah haji asal Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan manasik haji untuk persiapan keberangkatan ke tanah suci.

Pelatihan manasik haji secara langsung ditutup oleh Penjabat Bupati Balangan HM Hawari, Kamis (20/8) di aula Mahligai Mayang Maurai Komplek Garuda Maharam Kecamatan Paringin Kota.

Dalam sambutannya Hawari berpesan kepada seluruh jemaah, usai pelatihan manasik ini, agar meluangkan waktu untuk istirahat di rumah masing-masing sebelum keberangkatan.

"Kalaupun mau menerima tamu, karena biasanya pasti banyak tamu yang datang, apalagi sehari sebelum berangkat, maka kalau bisa seadanya saja demi menjaga stamina," imbuhnya.

Selain itu, Hawari juga berpesan kepada seluruh petugas baik itu yang sebagai pendamping maupun kesehatan, agar senantiasa selalu memperhatikan para jemaah.

"Jangan sampai ada jemaah kita yang mengeluh apalagi sempat terlantar, hindari sekali," tegasnya.

Selain itu lanjut Hawari, selain terus memupuk keimanan, diharapkan agar para calon Jemaah Haji Balangan menjaga ketahanan fisik dan mental, terlebih saat ini dalam kondisi kemarau panjang serta kabut asap.

Untuk keberangkatan Jemaah Haji Kabupaten Balangan sendiri, diperkirakan awal bulan September 2015.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015