Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan Samahuddin Muharram mengungkapkan, hanya pemilihan kepala daerah di provinsinya ada bakal calon guberbur dan bakal calon wakil gubernur (Bacagub-Bacawagub) dari jalur independen.


Diutarakan dia, di Banjarmasin, Selasa, hanya pasangan H Muhidin dan H Gusti Farid Hasan Aman yang mendaftarkan diri ke KPU provinsi untuk mengikuti Pilkada lewat jalur perseorangan atau independen di Indonesia ini.

Menurut dia, dari sembilan provinsi yang akan ikut menggelar Pilkada secara serentak tahap pertama pada 9 Desember 2015 ini, cuma provinsi Kalsel yang ada menerima pasangan independen, yang lainnya nihil.

"Tapi memang pasangan independen di Pilkada provinsi kita ini belum dipastikan lolos, sebab masih tahap verifikasi faktual data dukungan yang sempat kurang pada verifikasi tahap pertama lalu," ujarnya.

Diungkapkan Samahuddin, berkas syarat dukungan Muhidin (mantan wali kota Banjarmasin) dan Gusti Farid Hasan Aman (Anggota DPD RI) berupa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga yang diverifikasi di tahap dua ini sekitar 80 ribu lembar, dan akan ditetapkan keabsahannya pada 24 Agustus nanti sebagai pasangan calon lolos.

Sesuai syarat bisa lolosnya bacagub-bacawagub independen di Pilkada provinsi ini, yakni, harus mengumpulkan dukungan masyarakat sebanyak 326 ribu jiwa dengan bukti foto copy KTP dengan bukti tanda tangan.

Dijelaskan dia, syarat dukungan sebanyak 326 ribu itu sesuai perhitungan sebesar 8,5 persen dari total jumlah penduduk di daerah ini yang mencapai 3,483 juta jiwa.

Sebagaimana diketahui, Pilkada provinsi Kalsel akan diikuti tiga pasang bakal calon, satu pasangan bakal calon independen dan dua pasang calon atas dukungan partai politik, yakni, mendapatkan dukungan minimal 9,5 persen atau 11 kursi di DPRD Kalsel dari total 55 kursi.

Untuk pasangan bakal calon yang diusung dari parpol itu ada pasangan Zairullah Azhar (Anggota DPR RI) dan M Safi`i (mantan Bupati HSS), yakni, didukung kuolisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

  Adapun pasangan yang diusung parpol satunya lagi adalah Sabirin Noor (Pengusaha tambang) dan Rudy Resnawan (mantan Wakil Gubernur) dengan kuolisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015