Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 144 pencari kerja di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti pendidikan dan pelatihan 


keterampilan yang diselenggarakan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat melalui Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja.

Pelatihan institusional yang digelar di Pusat Pelatihan Tenaga Kerja Tabalong dibuka oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Rabu, dihadiri sejumlah pimpinan perusahaan yang beroperasi di Bumi Saraba Kawa.

"Saya berharap Pusat Pelatihan Tenaga Kerja bisa menjadi rujukan bagi perusahaan yang beroperasi di Tabalong untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja karena itu Dinas Sosial dan Tenaga Kerja perlu membuat kesepakatan dengan pimpinan perusahaan untuk mendukung program ini," kata Anang.

Selain itu kepada para lulusan SMA maupun jenjang pendidikan lainnya bisa membekali diri atau meningkatkan keterampilan agar bisa bersaing dengan pencari kerja dari luar Tabalong.

Anang menargetkan tahun ini bisa terbentuk 1.000 wira usaha baru di Tabalong karena itu melalui kegiatan pelatihan keterampilan bagipencari kerja bisa mencetak tenaga kerja siap pakai.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Tabalong Yuhani mengatakan pelatihan keterampilan bagi 144 pencari kerja ini didukung dana APBD kabupaten sebanyak sembilan paket dengan rincian 16 orang tiap paket.

"Selain dukungan dari APBD kabupaten, kegiatan pelatihan keterampilan juga dibantu APBN sebanyak 18 paket atau 288 orang dengan harapan bisa menciptakan tenaga kerja siap pakai maupun wira usaha baru di Tabalong," jelas Yuhani.

Pendidikan keterampilan yang dilaksanakan Pusat Pelatihan Tenaga Kerja yakni jurusan mobil diesel, mobil bensin, las listrik, instalasi listrik, pendingin/AC, akutansi, sekretaris dan desain grafis.

  Para pencari kerja ini akan mengikuti pendidikan keterampilan selama tiga bulan sesuai bidang keterampilan yang dipilih.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015