Gubernur Kalimatan Selatan Sahbirin Noor mengajak TNI/Polri, perusahaan swasta dan seluruh pihak terkait meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 tingkat provinsi yang baru diangka 35 persen untuk dosis pertama dan 21 persen dosis ke dua.

Menurut Gubernur di Banjarmasin Jumat, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, capaian vaksinasi COVID-19 ditargetkan hingga akhir tahun sebanyak 70 persen, berarti masih harus mengejar 35 persen lagi, untuk dosis pertama.

"Sinergi TNI, Polri, swasta dan seluruh pihak terkait, semoga bisa berjalan dengan baik, sehingga upaya percepatan pemulihan ekonomi dan sosial akibat dampak COVID-19 bisa segera diatasi," katanya.

Gubernur mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 melalui program vaksinasi massal.

BP Jamsostek Banjarmasin menyediakan 4 ribu dosis vaksin COVID-19, yang siap diberikan kepada masyarakat pekerja di Kota Banjarmasin dan sekitarnya dalam dua tahap.

"Saya atas nama Pemprov Kalimantan Selatan berterima kasih atas gerakan yang dilaksakan BP Jamsostek yang telah melaksanakan vaksinasi," kata Gubernur.

Menurut dia, vaksinasi merupakan upaya penting agar mendapatkan perlindungan diri terhadap kemungkinan terpapar oleh COVID-19, kendati bukan berarti tidak bisa terpapar.

Tapi setidaknya, jika sudah divaksinasi, seseorang sudah memiliki imunitas yang dapat membantu meringankan gejala yang diderita, atau bahkan tanpa memiliki gejala sama sekali, serta meminimalisasi potensi terjadinya kejadian yang fatal.

Direktur Umum dan SDM BP Jamsostek Abdur Rahman Irsyadi mengatakan, Kota Banjarmasin merupakan lokasi ke 23 di Indonesia yang dialksanakan vaksinasi massal dengan melibatkan pekerja peserta BP Jamsostek.

"Total yang divaksin mencapai 107 000 orang, tersebaar di seluruh Indonesia," katanya.

Pada acara yang dihadiri Deputi Direktur Wilayah Kalimantan BP Jamsostek, Rini Suryani diserahkan secara simbolis uang klaim oleh Gubernur Kalsel kepada keluarga pekerja, dan kartu peserta bagi mitra Gojek dan atlet difabel yang akan mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 yang berlangsung di Papua.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021