Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin SE MAP mempersembahkan sebuah "Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 dengan harapan menjadi manfaat masyarakat luas sebagai sarana angkutan laut.

Peluncuran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 persembahan waikl rakyat yang akrab dengan sapaan Bang Dhin tersebut di Pelabuha Pelindo Stagen Kotabaru (sekitar 300 kilometer tenggara Banjarmasin), Jumat.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu berharap, sebagai sarana angkutan yang melayani trayek perintis memberikan kontribusi bagi "tol laut" terhadap penumpang/masyarakat provinsi tersebut.

"Tol laut penumpang bagi masyarakat Kalsel diyakini kehadirannya memberikan kontribusi positif, baik dari segi ekonomi maupun Infrastruktur lalulintas perhubungan yang menunjang konektifitas serta mobilitas masyarakat.

Selain itu, kehadirannya juga menjadi penunjang kelancaran program tol laut sebagai salah satu prioritas pemerintah.

"Dengan menambah jalur atau rute angkutan melalui trayek R-12 yang mencakup Kotabaru - wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan sampai menuju Provinsi Sulawesi Barat kita harapkan dapat menunjang tol laut untuk angkutan penumpang," ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin persembahkan/Luncurkan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 untuk tunjang Tol laut. Peluncuran di Pelabuhan PT Pelindo Stagen Kotabaru (sekitar 300 kilometer tenggara Banjarmasin), Jumat (22/10). (Istimewa)

Begitu juga dengan adanya hubungan antara pelabuhan laut, dapat memberi kelancaran distribusi logistik atau komoditas unggulan setiap daerah hingga ke daerah terpencil sekalipun, lanjut mantan anggota DPRD "Bumi Bersujud" Tanbu tersebut.

Menurut politikus muda yang cukup visioner tersebut, hadirny Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 juga menjadi bentuk konkrit pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Pemda dalam memenuhi kebutuhan dalam hal angkutan laut.

"Karena dari segi kebutuhan Pemdalah yang mengetahui betul setiap potensii dan kebutuhan riil di lapangan hingga terwujudnya koordinasi lintas sektoral yang menghasilkan konfirmasi kebijakan oleh Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," ujarnya.

Pada kesempatan itu pula Bang Dhin atau Sang Pioneer Peluncuran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 atas nama Pemda serta masyarakat Kalsel berterima kasih kepada pemerintah pusat dengan adanya kapal motor Sabuk Nusantara 111 tersebut.

"Semoga dengan adanya kapal dan trayek perintis ini memberikan manfaat yang besar bagi kemakmuran masyarakat Kalsel pada umumnya dan Kotabaru khususnya," demikian Bang Dhin.

Menyaksikan peluncuran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, yang mewakili Gubernur Kalsel, Bupati Kotabaru serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten setempat, Pimpinan PT Pelindo Regional Kalimantan dan undangan lainnya.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021