Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS) didampingi Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad menghadiri peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021, di Gedung Olaharaga (GOR) H. Muhammad Syafi’i, Daha Selatan.

Ia mengatakan, peringatan ini harus dimaknai secara mendalam sebagai timbal balik dari para santri yang berjuang memberikan pengabdian terbaik kepada agama, bangsa dan negara.

“Para santri saat ini tidak hanya memikirkan masalah ibadah saja, tapi mereka juga memikirkan nilai-nilai bangsa, mereka rela berkorban dan berjihad mempertahankan tanah air, turut andil mendukung pembangunan di segala bidang, khususnya bidang pendidikan,” katanya, Kamis (21/10).

Dijelaskan dia, tema “Santri Siaga Jiwa Raga” yang diangkat merupakan komitmen pernyataan sikap para santri Indonesia yang siap sedia "siaga jiwa".

Yang berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak serta berpegang teguh pada aqidah dan ajaran agama Islam.

Serta, "siaga raga" yang berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia, juga tidak pernah lelah untuk terus berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

“Tema ini sangat sesuai dengan situasi sekarang ini, terutama disaat kita menghadapi COVID-19, di mana para santri diharapkan bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk bangkit dari dampak pandemi, dan turut mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pimipinan Pondok Pesantren (Ponpes) dan para santri yang sudah berkenan untuk dilakukan vaksinasi, karena vaksinasi merupakan ikhtiar untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Dan walaupun kasus COVID-19 yang ada di HSS sudah melandai, namun penyebarannya tetap harus di waspadai serta tetap patuhi protokol kesehatan.

"Tingkatkan semangat untuk vaksinasi, sehingga dalam setengah bulan ke depan HSS bisa bergeser ke PPKM level 2," katanya.

Turut hadir, Pengasuh Ponpes Dalpa Kandangan, KH. Ahmad Syairazi, Ketua Pengadilan Agama (PA) Kandangan Hikmah, Ketua PA Negara, Novia Mutiasari, Kepala Kemenag HSS Saribuddin, pimpinan ponpes di HSS, santri dan santriwati dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Bersilaturrahmi ke Ponpes Dalpa, Bupati HSS resmikan beberapa bangunan

Baca juga: Wabup HSS dukung program satu desa satu tahfidz Quran

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021