Pj Sekda Hulu Sungai Tengah (HST) Muhammad Yani melakukan sosialisasi aplikasi pelayanan terkait COVID-19 yaitu aplikasi PeduliLindungi kepada para pelajar dan warga yang antri untuk melakukan vaksinasi, Selasa (19/10).

Sosialisasi itu Ia lakukan saat meninjau langsung vaksinasi program fasilitasi 10 ribu dosis vaksin dari Badan Intelijen Negara (BIN) di Kecamatan Limpasu, Batara dan di SMAN 3 Barabai kecamatan BAS.

Yani menyampaikan, setelah divaksin agar mendownload dan menginstal di gawai aplikasi PeduliLindungi untuk melihat sertifikat atau kartu vaksin dan jadwal vaksinasi.

Ia menjelaskan, aplikasi PeduliLindungi juga merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah yang tujuannya untuk melakukan pelacakan penyebaran COVID-19.
 
"Pemerintah mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian. Hal ini agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan," katanya. 

Menurutnya, pengguna aplikasi juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah.

"Aplikasi akan memberikan informasi area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 baik positif atau ada pasien dalam pengawasan," kaya Yani.

Aplikasi itu ditambahkan Yani juga mempermudah warga yang ingin bepergian ketika diminta kartu vaksin. "Kita tinggal menunjukkan kartu kita yang sudah ada di aplikasi atau scan kode QR jika diminta," tuntasnya.

Baca juga: BIN fasilitasi 10 ribu dosis vaksin untuk warga HST
Baca juga: Kecelakaan di Kapar, pengendara Vario terlindas dan masuk ke bawah mobil L300
Baca juga: 15 atlet NPC dari HST wakili Kalsel pada Peparnas XVI di Papua

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021