Ketua terpilih Musda XV Pemuda/KNPI  Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Hulu Sungai Tengah (HST), Selimi Guspianor menggandeng kader Gerakan Pemuda Ansor HST, Rustam Effendi sebagai Sekretaris.

Anggota Formatur Musda, Ahmad Riduan, di Barabai, Kamis (14/10), mengatakan nama Rustam Effendi merupakan salah satu nama yang masuk dalam pembahasan rapat formatur beberapa waktu lalu.

"Ada tiga nama yang masuk calon sekretaris, Rustam Effendi, M Taufik Rahman, dan saya sendiri, namun karena beberapa pertimbangan dari lima anggota formatur, maka diputuskan memilih Rustam Effendi," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, tim formatur terdiri beberapa unsur, Selimi ketua terpilih, dirinya dan Muliadi mewakili OKP, Muhtaruddin mewakili unsur Pengurus KNPI Kecamatan, serta Taupik Rahman dari unsur MPI.

Selain memilih sekretaris, dalam pembahasan formatur juga menyusun komposisi dan personalia keseluruhan pengurus KNPI HST, Dewan Penasehat dan Majelis Pemuda Indonesia (MPI) untuk masa bakti 2021-2024.

Selanjutnya dari hasil rapat formatur yang telah dibuat dengan berita acara rapat dan usulan komposisi personalia akan disampaikan ke pengurus DPD KNPI Provinsi untuk dimohon dapat di buatkan Surat Keputusan (SK).

Sekretaris DPD KNPI HST, Rustam Effendi, mengatakan berterima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan, dan akan merangkul semua elemen kepemudaan untuk kembali bersatu pasca Musda XV lalu.

"Kami dikepengurusan baru ini tentunya mengharapkan dukungan dari semua pihak, arahan dan bimbingan dari para senior baik di KNPI maupun OKP, untuk mengoptimalkan peran pemuda dalam pembangunan di daerah," katanya.

Sementara itu, Ketua KNPI HST, Selimi Guspianor, mengatakan visi yang diusung ke depan ingin pemuda HST dapat lebih bermanfaat dan bermartabat dengan menampilkan peran dan partisipasi.

Menurut dia, visi ini dijabarkan secara sederhana untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi para pemuda, dengan terobosan-terobosan serta ide-ide besar dan segar.

"Juga kita ingin menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dan tentunya akan ikut bersama-sama berjuang menjaga kelestarian alam, khususnya dalam gerakan "Save Meratus"," katanya.

Baca juga: KNPI HST prihatin dugaan kekerasan terhadap aktivis lingkungan

Baca juga: Ketua KNPI HST ingin penerus hidupkan Gedung Pemuda

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021