Balangan - (Antaranews Kalsel) - PT Adaro Indonesia, Kabupaten Balangan, Kalsel, memberikan bantuan penyempurnaan fasilitas tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong.

Bantuan penyempurnaan TPA Batu Merah dimulai dari tahun 2013 hingga tahun 2015 dengan nominal bantuan senilai Rp1.824.000.000.

TPA dan TPST 3R merupakan dua fasilitas penting yang sangat berpengaruh pada proses pengelolaan sampah dan berbasis masyarakat.

Dimaksud TPST adalah Tempat Pembuangan Sampah Terpadu dan 3R singkatan dari Reduce, Reuse, dan Recycle (mengurangi, menggunakan kembali, serta mendaur ulang), merupakan satuan fasilitas yang berfungsi untuk memilah, mengelola, dan memanfaatkan sampah pada area administratif tertentu.

Adapun TPA merupakan tempat utama akhir yang berfungsi untuk mengelola timbulan sampah pada skala yang lebih luas.

Peningkatan fungsi TPST 3R dalam mengedepankan pemilahan dan pemanfaatan timbulan sampah akan sangat berfungsi signifikan dalam mengurangi limpahan sampah ke TPA sehinga secara tidak langsung akan membantu pengurangan potensi pencemaran lingkungan.

Di samping itu, TPST 3R juga sangat berperan dalam memfasilitasi penampungan dan pengumpulan timbulan sampah rumah tangga sehingga mengurangi adanya potensi sampah dibuang sembarangan.

Di sisi lain, proses penting dalam tahapan pengelolaan sampah adalah tersedianya fasilitas pengelolaan tahap akhir (TPA) pada suatu wilayah yang berfungsi untuk pengelolaan sampah secara kumulatif.

Kajian kekinian mengenai pengelolaan sampah dapat dikembangkan melalui fasilitas ini, antara lain adalah pengembangan energi terbarukan.

Di samping itu, pengelolaan TPA secara baik dan benar berguna untuk memetakan daerah timbulan sampah sehingga dapat digunakan sebagai dasar atas perencanaan lanjutan dalam pengelolaan sampah.

Atas dasar hal tersebut, maka penyempurnaan fasilitas TPA menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung pengelolaan sampah secara holistik.

Sebagai bentuk keterlibatan aktif  dalam upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan, maka PT. Adaro Indonesia mendukung kegiatan penyempurnaan TPA dan TPST di wilayah Administratif operasional.

Melalui kegiatan penyempurnaan fasilitas TPA Batu Merah ini, PT. Adaro Indonesia membantu untuk menyempurnakan fasilitas TPA Batu Merah dan menggali potensi energi terbarukan melalui pemetaan dan penggalian gas metan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015