Bupati Banjar Saidi Mansyur mendukung pembangunan ICT Training Center yang menjadi tempat pelatihan dasar bagi masyarakat yang menjalankan usaha di berbagai bidang sesuai kemampuannya. 

Dukungan itu disampaikan bupati saat menerima kunjungan dan audiensi Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Banjarmasin di Mahligai Sultan Adam Martapura, Selasa.

Audiensi dalam rangka kerja sama pengembangan SDM dan pembangunan ICT Training Center di Kabupaten Banjar yang didukung bupati dan siap lahan seluas dua hingga tiga hektare.

"Kami sangat mendukung kegiatan pengembangan SDM dan siap menyediakan lahan sekitar dua hingga tiga hektare di Kabupaten Banjar untuk pembangunan ICT Training Center tersebut," ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati mengharapkan, hasil audiensi bisa direalisasikan untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Bupati Banjar.

"Harapan kita semua, audiensi ini mampu mewujudkan visi misi bupati yakni menciptakan 1.500 wirausaha baru melalui pelatihan yang diberikan di tempat khusus sehingga mereka semangat mengikutinya," ujar Made. 

Kepala BPSDMP Komunikasi Informatika Banjarmasin, UPT Kementeian Komunikasi Informatika Abdul Rahman mengatakan, fokus kegiatan pengembangan SDM akan dilaksanakan tahun 2022.

"Jika memungkinkan tahun 2021, tetapi fokus dilaksanakan tahun 2022 dan diupayakan pelatihan 7.000 sampai 10.000 peserta khususnya di Kabupaten Banjar mulai pelatihan dasar kepada masyarakat," ujarnya. 

Selain itu, pelaku UMKM, lulusan SMK, lulusan Perguruan Tinggi D3 dan S1 dan kepada profesional dimana kerja sama akan mendorong transformasi digital, dari rencana konvensional ke digital seperti di Jawa dan Sumatera.

Ditambahkan, BPSDMP akan dapat bantuan dari KOICA Korea untuk membangun ICT Training Center sebesar 9,5 Juta Dollar AS diharapkan dibangun di Kalimantan Selatan dan lokasinya di Kabupaten Banjar.

"Semoga pembangunan ICT Training Center dapat dukungan pemda karena merupakan upaya mendorong kesejahteraan antara provinsi di seluruh Indonesia dan Kalimantan maju bersama provinsi lain," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021