Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan selama masa pendaftaran 26-28 Juli 2015 telah menerima berkas enam pasangan calon yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015.


Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum Kotabaru A Gapuri, di Kotabaru, Rabu mengatakan pada hari terakhir pendaftaran ada tiga pasangan yang mendaftar, pasangan M Alamsyah-Rusdiyanto Haleng, pasangan Rudi Suryana-Rizky Oktavianor dan pasangan Said Jafar-Burhanuddin.

Tiga pasangan lainnya, yakni, pasangan Irhami Ridjani-Syamsul Alam mendaftar di KPU pada Minggu (26/7), sedangkan pasangan M Iqbal Yudianor-Sahiduddin dan Alpidri Supian Noor-Syafrin Masrin mendaftar di KPU pada Senin (27/7).

Dikatakan, empat pasangan dari enam pasangan didukung oleh partai politik, yakni, Irhami Ridjani-Syamsul Alam, M Alamsyah-Rusdiyanto Haleng, Rudi Suryana-Rizky Oktavianor dan Said Jafar-Burhanuddin.

Sedangkan dua pasangan berasal dari jalur perseorangan atau independen, yakni, M Iabal Yudianor-Sahiduddin dan Alpidri Supian Noor-Syafrin Masrin.

Sementara itu, para kandidat yang akan mencalonkan kepala daerah sebagian merupakan petahana, dan purna tugas.

Irhami Ridjani masih menjabat Bupati Kotabaru periode 2010-2015 yang akan berakhir 10 Agustus 2015, pernah menjabat Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, mantan Kepala Dinas Pendapatan Kotabaru.

Rudy Suryana Wakil Bupati Kotabaru periode 2010-2015 di mana akan berakhir masa jabatanya pada 10 Agustus 2015 mendampingi Irhami Ridjani, pernah menjabat Direktur Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Paris Barantai Kotabaru, dan Kepala Badan Narkotika Kabupaten Kotabaru, serta pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotabaru.

M Alamsyah merupakan mantan Ketua DPRD Kotabaru periode 2004-2009, dan Wakil Ketua DPRD periode 2009-2014. Alpidri Supian Noor mantan Ketua DPRD Kotabaru periode 2009-2014.

Iqbal merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan periode 2009-2014 dari Partai Demokrat, dan Said Jafar adalah seorang pengusaha BBM dan transportasi laut.

Syafrin Masrin mantan Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, dan mantan Kepala Dinas Perkebunan Kotabaru. Dan Sahiduddin merupakan anggota DPRD Kotabaru periode 2015-2020 dari PKS dan dua periode sebelumnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015