Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Sejumlah pertokoan di wilayah Banjarmasin khususnya komplek pertokoan emas masih terlihat tutup dan para penjual emas belum sepenuhnya melakukan aktivitasnya.


"H+3 lebaran ini memang masih banyak yang tutup karena sebagian masih ada yang pulang kampung ataupun berhari raya bersama keluarga," ucap seorang penjual emas Pasar Antasari Aprilyadi di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan, biasanya mulai beraktivitas para penjualan emas setalah satu Minggu lebaran di mana aktivitas masyarakat di pasar juga sudah mulai ramai.

Rawan kalau toko emas buka sendiri atau disaat suasana pasar masih tergolong belum ramai karena bahaya kriminalitas yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Kalau situasi pasar sudah ramai penjual lain sudah pada buka semua, sehingga kerawanan kriminalitas itu tidak terjadi karena banyaknya orang di pasar atau di pusat pertokoan," tuturnya saat ditemui di kediamannya.

Sementara itu Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs Wahyono MH di Banjarmasin, pihaknya akan terus melakukan penjagaan di pusat-pusat pertokoan hingga H+7 lebaran.

Polresta juga telah mendirikan pos pengamanan lebaran yang salah satu di wilayah pertokoan di Pasar Sentar Antasari Banjarmasin Tengah.

"Kami akan menindak tegas siapapun orangnya yang berani melakukan tindak kejahatan ataupun kriminalitas sehingga membuat masyarakat takut dan situasi menjadi tidak kondusif, tindakan tegas itu akan kami lakukan di lapangan ataupun dalam penyidikan nantinya," tegas orang nomor satu di lingkungan Polresta Banjarmasin itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015