Korem 101/Antasari yang membawahi wilayah teritorial Kalimantan Selatan menggelar serbuan donor darah untuk memperkuat kesehatan masyarakat saat pandemi COVID-19 terutama bagi pasien yang membutuhkan.

"Ada 100 kantong darah yang terkumpul pada bakti sosial donor darah dalam rangka HUT ke-76 TNI," kata Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah di Banjarmasin, Jumat.

Ditegaskan dia, setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya. Terlebih di saat pandemi banyak pasien terbaring lemah di rumah sakit. Di sisi lain, stok darah di PMI menipis.

Darah yang diberikan akan membantu menumbuhkan mimpi dan harapan seseorang untuk melanjutkan pengabdian kepada agama, bangsa, dan negara, katanya.

Apalagi donor darah merupakan bentuk manifestasi yang paling nyata dari rasa kemanusiaan murni. Selain dapat memberikan manfaat kesehatan untuk diri sendiri dan juga orang lain, dengan berdonor darah sekaligus beramal untuk ladang ibadah.

"Saya katakan demikian karena darah yang disumbangkan diberikan dengan tulus ikhlas, tanpa membeda-bedakan keyakinan, warna kulit, strata pendidikan, tingkat sosial dan bahkan mungkin tidak dikenal sekalipun, tetapi hanya satu tujuan pendonor yaitu menyelamatkan jiwa orang lain," tuturnya.

HUT ke-76 TNI mengambil tema “Bersatu, berjuang, kita pasti menang”. Menurut Firman, hal itu sesuai dengan harapan semoga dengan kerja sama dan usaha dalam berjuang mengatasi pandemi COVID-19, Indonesia dapat memenangkan pertempuran ini dengan terus melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Mari kita semuanya divaksin agar perjuangan melawan pandemi ini dapat dimenangkan," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021