Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Banjarbaru Taufik Rachman mengatakan peringatan hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum bagi seluruh pihak bersatu menghadapi pandemi COVID-19.

"Sesuai tema peringatan tahun ini "Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila" hendaknya menjadi satu momentum menghadapi COVID-19. Kita semua bisa," ujar Taufik usai mengikuti upacara, Jumat. 

Upacara yang dilaksanakan virtual di ruang tamu utama wali kota diikuti Wali Kota H M Aditya Mufti Ariffin bersama Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid, perwakilan Kejari dan Kodim 1006/Banjar.

Menurut Taufik, ditengah pandemi COVID-19 dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak untuk bersatu padu dan mendukung pemerintah mencegah maupun mengantisipasi penularan dan penyebaran penyakit itu. 

"Jika kita bersatu dan membantu program pemerintah mulai dari menjalankan protokol kesehatan hingga mengikuti vaksinasi, tentu kita menjadi kuat dan mampu menghadapi pandemi COVID-19," ucapnya. 

Dikatakan, selain berjuang di masa sekarang, seluruh rakyat Indonesia juga jangan pernah melupakan jasa pahlawan revolusi yang membela Pancasila dari rongrongan berbagai pihak dan berupaya meruntuhkannya. 

"Bangsa yang besar bangsa yang tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan dan melalui peringatan ini masyarakat harus menyadari betapa penting Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021