Ketersediaan sarana dan prasarana yang lengkap didukung sumber daya manusia handal diperkirakan menjadi penilaian Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru menjadi rumah sakit unggulan pelayanan KB.

Hal itu disampaikan Direktur RSD Idaman Endah Labati Silapurna di Banjarbaru, Selasa terkait rumah sakit milik Pemkot Banjarbaru ditetapkan BKKBN menjadi rumah sakit unggulan pelayanan Keluarga Berencana.

"Pertama BKKBN memberi kuisioner untuk diisi apa yang sudah dilakukan RSD Idaman mulai dari peralatan dan SDM hingga sarana dan prasarana termasuk penghargaan-penghargaan yang diraih," ujarnya.

Menurut Endah pihaknya, tidak tahu pasti indikator apa saja yang dijadikan BKKBN terkait penilaian RS unggulan pelayanan KB jika dilihat dari prestasi, RSD Idaman pernah menjadi juara tingkat provinsi maupun nasional.

Disebutkan, prestasi tingkat nasional yang diraih RSD Idaman yakni RS ibu dan anak tipe C juara tiga nasional dan juara 1 provinsi, kemudian praktek bidan mandiri RSD Idaman dapat juara 1 tingkat provinsi.

"Mungkin selain penilaian kuisioner, juga dilihat dari penghargaan. Soal pelayanan juga optimal ada dokter bedah, ahli kebidanan, anastesi dan kelengkapan fasilitas yang mungkin menjadi nilai lebih," katanya.

Diketahui, RSD Idaman Kota Banjarbaru ditetapkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai Rumah Sakit unggulan pelayanan Keluarga Berencana.

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, Senin mengatakan, penetapan status rumah sakit milik Pemkot Banjarbaru tersebut tertuang dalam lampiran keputusan Kepala BKKBN nomor 130/KEP/E1/2021.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada BKKBN dan BPJS yang menetapkan RSD Idaman sebagai RS unggulan pelayanan KB. Semoga sinergi terus terbangun menciptakan masyarakat makin sejahtera," ujarnya.

Menurut wali kota, layanan KB di RSD Idaman mendapat dukungan dari BKKBN berupa alat kontrasepsi dan untuk jenis tertentu bisa di cover oleh BPJS dan diharapkan layanan itu bisa bermanfaat bagi masyarakat Kalsel.

"Harapan kami, pelayanan yang akan diberikan RSD Idaman bidang KB itu memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kalsel khususnya warga Kota Banjarbaru," ucap Opie sapaan akrab wali kota. 

Diketahui, sesuai lampiran keputusan Kepala BKKBN nomor 130/KEP/E1/2021, RS Daerah Idaman menjadi satu-satunya rumah sakit di Kalsel yang ditetapkan sebagai RS unggulan pelayanan KB.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021