Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan merilis sebanyak 244 ribu warga kota tersebut sudah menerima vaksinasi COVID-19. Target vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin sebanyak 515 ribu sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Banjarmasin, Senin, menyampaikan, dengan digebernya program vaksinasi COVID-19 di kota ini imbas masih diterapkannya PPKM level 4, hasilnya sudah mencapai 47,45 persen target sasaran divaksin.

Menurut dia, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di daerah ini harus bisa meningkatkan program vaksinasi hingga di atas 50 persen, di mana untuk Kota Banjarmasin sudah melaksanakan vakainasi pada 244 orang untuk penyuntikan dosis pertama.

Dinyatakan dia, target keseluruhan vaksinasi di Kota Banjarmasin ini mencapai 515 ribu sasaran, yakni, sejak diprogramkannya vaksinasi ini oleh pemerintah guna membangun kekebalan kelompok dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 ini.

Diungkapkan Machli Riyadi, untuk vaksinasi COVID-19 lengkap atau dosis kedua sudah mencapai 146 ribu sasaran atau 28,36 persen dan untuk suntik dosis ketiga, yakni, bagi tenaga kesehatan mencapai 4.024 sasaran atau 0,78 persen dari keseluruhan total target sasaran vaksinasi.

Dinyatakan Machli Riyadi, untuk gelar vaksinasi COVID-19 secara harian di mana Kota Banjarmasin sedang menggelar vaksinasi massal dengan target 100 ribu dari 26 September hingga 20 Oktober, untuk pelaksanaan hari pertama kemarin sebanyak 1.358 sasaran.

"Kemarin itu untuk sasaran mengikuti suntik dosis pertama sebanyak 764 orang, dosis kedua sebanyak 564 orang dan dosis ketiga sebanyak 30 orang," paparnya.

Dia meyakini, vakainasi COVID-19 hingga berakhirnya PPKM level 4 pada 4 Oktober ini untuk sepuluh pekan di Kota Banjarmasin bisa mencapai lebih 50 persen, sehingga status PPKM di Ibu Kota Provinsi Kalsel ini bisa turun level.

Dia menyampaikan, hanya pencapaian program vaksinasi COVID-19 yang membuat PPKM level 4 masih diberlakukan di Kota Banjarmasin, sementara untuk kasus penambahan positif COVID-19 di Kota Banjarmasin sudah jauh turun.

Menurut Machli Riyadi, Pemkot Banjarmasin terus berupaya untuk memperketat penerapan protokol kesehatan, hingga kasus COVID-19 di kota ini tidak sampai naik signifikan lagi.

"Ayo kita terus disiplin protokol kesehatan, ikuti vakainasi, dengan demikian kita bisa melawan secara bersama COVID-19 ini," ujarnya.

Dari data Dinkes Kalsel pada 26 September 2021, penambahan kasus COVID-19 di Banjarmasin hanya ada satu orang. Hingga kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin totalnya hingga kini sebanyak 15.744 orang, sudah sembuh sebanyak 14.957 orang. Sementara meninggal dunia sudah sebanyak 509 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021