Kontingen Provinsi Kalimantan Selatan dilaporkan sudah sampai di Provinsi Papua untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2021.

Ada pun yang sudah mendarat di Papua selain para atlet gantole yang lebih dulu, hari ini adalah cabang olahraga dayung, sepak takraw, muaythai dan panjat tebing.

Untuk tiga cabang olahraga mendarat di Jayapura, yakni, rombongan cabang olahraga dayung, muaythai dan sepak takraw.

Ketua rombongan kontingen Kalsel di Jayapura M Jurmansyah melaporkan, Jumat, rombongan kontingen Kalsel pada tiga cabang olahraga ini sebanyak 43 orang.

Kedatangan mereka di Jayapura disambut hangat ambassador budaya PON XX Cluster Kabupaten Jayapura.

"Kami dibawa ke Stadion Barnabas Youwe, di sana kedatangan kami disambut iringan hiburan dan tarian penyambutan oleh pihak Papua," tuturnya.

Menurut Jurmansyah, rombongan divalidasi kesehatan sebelum diantar ketempat penginapan para atlet.

"Saat diperjalanan tadi, kami banyak mendapat pengetahuan dan melihat keindahan tanah Papua, sambutan luar biasa dari panitia dan masyarakat Papua," tuturnya.

Untuk kontingen dayung Kalsel sebanyak 28 atlet, sedangkan untuk sepak takraw satu tim dan untuk muaythai satu atlet.

Sementara itu untuk kontingen panjat tebing dilaporkan sampai mendarat Bandar Udara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat.

Kalsel menurunkan sebanyak empat atlet panjat tebing pada PON Papua. Kedatangan mereka ke Mimika didampimgi pengurus KONI Kalsel, anggota Polri dan TNI.

Dinyatakan, ada enam cabang olahraga Kalsel yang akan berlaga di Timika, Mimika, Papau yaitu Aeromodelling, Atletik, Bola Basket, Panjat Tebing, Biliar dan Judo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kalsel pada PON Papua yang akan dibuka pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021 ini mengirim sebanyak 111 atlet dari 25 cabang olahraga. Target sebanyak 14 medali emas.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021