Balangan - (Antaranews Kalsel) - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Kalsel, menjadwalkan persiapan keberangkatan jemaah haji kabupaten setempat sekitar akhir bulan Juli hingga Agustus mendatang.


Kepala Kemenag Kabupaten Balangan H Raihan Redha, Kamis di Paringin mengungkapkan, persiapan keberangkatan haji dari Balangan dijadwalkan akan dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, atau Akhir Juli ini.

Meskipun ada penurunan jumlah calon jemaah haji pada tahun 2015 ini hingga hampir 50 persen ujar Raihan, namun tidak akan mengurangi pelayanan, bahkan akan dimaksimalkan lagi.

"Untuk jadwal manasik sampai keberangkatan sudah kita rencanakan dan persiapkan dan selanjutnya akan kita sampaikan kepada bupati untuk disetujui,  namun ini hanya rencana jadwal jadi bisa saja nanti berubah lagi. ," katanya.

Selanjutnya ungkap Raihan  dimulai tanggal 27 sampai 31 Juli, Kemenag sudah mengagendakan untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji, yaitu Vaksin Miningitis, Influenza dan Mers yang dilakukan di Dinkes Balangan.

Setelahnya baru para jemaah haji diberikan pengarahan dan bimbingan haji yang direncanakan pada tanggal 11 Agustus depan, sehingga ketika sampai di tanah suci Mekkah, para jemaah diharapkan sudah siap lahir dan bathin.

"Khusus untuk kegiatan Manasik haji akan dilakukan perkecamatan sebanyak enam kali, dengan rincian empat kali diberikan Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan masing-masing dan dua kali oleh Kemenag Balangan," bebernya.

Setelah pelaksanaan Manasik Haji, barulah pihaknya akan membentuk petugas haji yang terdiri dari Karu, Karom dan Kloter, dan selanjutnya akan diberikan pembinaan serta pelatihan sebagai petugas haji.

"Insya'Allah jika semua berjalan sesuai jadwal, awal September calon jemaah haji kita akan berangkat ketanah suci dengan lancar," ujarnya

Jumlah jemaah haji Kabupaten Balangan pada tahun 2015 ini sebanyak 63 orang, untuk tahun ini lansia masih menjadi prioritas Kemenag.

Jika semua telah melakukan pelunasan dan masih ada kuota yang masih kosong, maka calon jamaah haji yang di atas umur 80 tahun akan diprioritaskan untuk mengisi kursi yang kosong tersebut, adapun untuk biaya BPIH di Kalsel tahun 2015 ini sebesar 2.924 USD.

"Sesuai Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2015 tentang BPIH, setiap tempat keberangkatan berbeda-beda. Misal, embarkasi Aceh 2.401 USD, Surabaya 2.801 USD, Balikpapan 2.926 USD, Makassar 3.055 USD  dan kita embarkasi Banjarmasin sebesar 2.924 USD," Jelasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015