Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi menyampaikan, sudah empat hari ini pasein COVID-19 di RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin kosong.

"Ini kabar menggembirakan, di RSUD Sultan Suriansyah yang memiliki 125 tempat tidur pasein khusus COVID-19 sejak empat hari ini tidak ada lagi merawat pasein COVID-19, kosong," ujarnya di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, dengan kosongnya pasein COVID-19 di RSUD milik pemerintah kota ini, menunjukkan kasus COVID-19 di daerah ini terus menurun.

Meskipun diakuinya, masih ada sebanyak 259 masih ada kasus aktif di ibu kota provinsi Kalsel ini.

Di mana, ucap dia, sebanyak 32 orang melakukan isolasi mandiri di rumah, hanya satu menempati isolasi terpusat yang disiapkan Pemkot Banjarmasin di Gedung Diklat Sosial di Jalan Mulawarman.

Selebihnya, kata Machli Riyadi, sebanyak 227 orang yang terpapar COVID-19 dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di kota ini.

"Ada yang di RSUD Ulin Banjarmasin, RSUD Ansari Saleh Banjarmasin dan beberapa RS swasta lainnya," kata Machli Riyadi.

Dia pun menyampaikan, meski masih ada ratusan pasein COVID-19 di sejumlah RS ini, namun secara akumulasi kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin sudah melandai, bahkan turun signifikan.

Karena jika dibandingkan pada beberapa pekan sebelumnya sampai 2 ribu lebih kasus aktif di Kota Banjarmasin ini. Namun dengan efektifnya PPKM level 4 ini dijalankan, penurunan terus terjadi karena kesembuhan sangat tinggi.

"Kami berharap masyarakat terus mentaati protokol kesehatan, bervaksin, hingga semuanya bisa terhindar dari virus ini, sebab belum ada kata aman," tuturnya.

Kota Banjarmasin masih diharuskan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 4 Oktober 2021.

Perpanjang PPKM level 4 di Kota yang hari ini memperingati Harjad ke-495 tersebut sudah memasuki pekan kesepuluh sejak ditetapkan pemerintah pusat pada 26 Juli 2021.

Adapun hasil laporan Dinkes Kalsel tentang sebaran kasus COVID-19 di provinsi ini pada 13 kabupaten/kota tertanggal 24 September 2021 atau hari ini, di Kota Banjarmasin hanya ada penambahan kasus baru sebanyak dua orang.

Sehingga total orang terpapar COVID-19 di Kota Banjarmasin ini selama pandemi COVID-19 ini sebanyak 15.731 orang, sedangkan yang sudah berhasil sembuh sebanyak 14.957 orang dan meninggal dunia sebanyak 509 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021