Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Maju, Mandiri dan Agamis (Manis) Kabupaten Banjar mendapat apresiasi dua kementerian termasuk dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Pujian diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi usai evaluasi dan monitoring pengelolaan SP4N Lapor di kabupaten dan kota di Kalsel, Rabu.

Evaluasi virtual diikuti Gubernur  Sahbirin Noor, Kadis Kominfo Kalsel Gt Yanuar Noor Rifai, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan dan Asisten Deputy Sistem Informasi Pelayanan Publik Yanuar Ahmad, .

"Kami bangga dengan pengelolaan SP4N Lapor di Kalsel karena sangat banyak masyarakat memanfaatkan layanan aduan ini menyampaikan aspirasinya. Terima kasih kepada kabupaten dan kota," ujar gubernur. 

Di ketahui, di Kabupaten Banjar selama 2021 hingga bulan September dari 77 aduan yang masuk ke sistem Lapor Manis seluruhnya diselesaikan atau 100 persen dengan rata-rata kecepatan verifikasi 2 hari.

"Kami sangat mengapresi apa yang telah dilakukan pengelolaan Lapor di Kalsel karena memberikan respon yang cepat kepada masyarakat dan pihak lain yang memerlukan," ujar Yanuar Ahmad dari Kemenpan RB.

Terobosan Kabupaten Banjar yang mengenalkan portal layanan aduan kepada santri melalui program Lapor Manis Goes To Pesantren diapresiasi Kemenpan RB tetapi perlu konsep lebih meningkatkan daya ungkitnya.

"Hanya perlu konsep lebih matang agar inovasi bisa meningkatkan daya ungkit untuk layanan aduan sehingga masyarakat Kabupaten Banjar makin banyak menggunakan," kata Kapus Penerangan Kemendagri Benni Irwan.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Banjar Aidil Basith mengatakan, kemanfaatan Lapor Manis sesuai komitmen Bupati Saidi Mansyur dan Wabub Habib Idrus Al Habsyie menerima masukan dan mengetahui kebutuhan masyarakat.

"Tentunya selaku admin Lapor Manis, Diskominfo juga berterima kasih atas partisipasi dan kesungguhan SKPD merespon dan menindaklanjuti aduan masyarakat,"ujarnya didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya, Kasi Pengelolaan IKP M Hamdani dan Admin Utama SP4N Lapor Manis, Rizal.

Seperti diketahui, Manis singkatan dari Maju, Mandiri dan Agamis yang menjadi slogan atau motto untuk memajukan Kabupaten Banjar dan menjadi program kerja kepemimpinan Saidi Mansyur dan Said Idrus.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021