Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan kembali akan memperkuat image Kota Martapura sebagai Kota Serambi Mekkah dan Kota Santri dengan menghadirkan taman tematik, Raudhatulmadinati letaknya dekat Pasar Papan di sekitar Jembatan Kembar Antasan Senor Martapura.


"Tujuannya agar pembangunan kota Martapura tetap berwawasan lingkungan dan terasa nyaman serta rapi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah di Martapura, Minggu.

Nasrunsya menjelaskan sejak dulu, Martapura di Kalimantan Selatan, telah dijuluki Kota Serambi Mekkah. Kota yang terkenal dengan Pondok Pesantren Darussalam-nya ini telah banyak melahirkan generasi berkualitas anak bangsa yang mengharumkan nama Kabupaten Banjar di tingkat lokal dan nasional.

Sekarang, menjelang akhir masa jabatan Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh membangun taman tematik, Raudhatulmadinati sekitar Jembatan Kembar Antasan Senor.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Banjar Boyke Wahyu Triestiyanto menambahkan, taman tematik Raudhatulmadinati Martapura, sengaja dibuat memiliki aksen – aksen Timur Tengah agar ada kesesuaian Martapura sebagai Kota Serambi Mekkah.

"Bangunan tamannya memiliki kubah, replika Pintu Ka’bah dan ditanami beberapa pohon khas Timur Tengah seperti Pohon Kurma dan Pohon Tin. Nantinya akan kami tambah dengan tanaman – tanaman lainnya," jelasnya.

Untuk menambah keindahan taman tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banjar Hj. Raudhatul Jannah Khairul Saleh berkenan menanam Pohon Tin, hadiah dari Yasna Khairina, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura.

Taman yang memiliki luas sekitar 50 meter persegi ini akan membuat masyarakat Martapura dan sekitarnya semakin dapat merasakan nuansa khas Serambi Mekkah. /arie/e

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015