Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengukuhkan Duta Pancasila yang merupakan purna pasukan pengibar bendera (Paskibra) Detik-Detik Proklamasi HUT ke-76 RI Tahun 2021.

Menurut Sahbirin di Banjarmasin Kamis, Pemprov Kalsel sangat mendukung  atas kebijakan pemerintah pusat menjadikan purna pasukan pengibar bendera (Paskibra) Detik-Detik Proklamasi HUT ke-76 RI sebagai Duta Pancasila.

"Pengangkatan putra-putri terbaik daerah ini sebagai Duta Pancasila, dalam rangka membumikan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda," katanya.

Melalui Duta Pancasila, tambah Gubernur, pemerintah ingin membumikan Pancasila dengan cara baru, dengan pendekatan yang lebih kekinian sehingga nilai-nilai Pancasila ini bisa tertanam pada generasi muda.

Gubernur berharap, para Duta Pancasila dapat mendorong dan merangkul semua elemen masyarakat, khususnya para pemuda yang ada di Banua untuk mencintai dan menjaga Indonesia dari ideologi lain selain ideologi pancasila.

Dikatakan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam, yang terdiri dari berbagai bahasa, suku, agama dan budaya  yang berkembang di tengah kehidupan masyarakat.

"Ikhtiar kita adalah menyatukan keberagaman ini menjadi kekuatan sosial dalam membangun bangsa ini menjadi sebuah negara besar, negara yang indah bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Gubernur.

Sahbirin juga mengajak seluruh masyarakat Kalsel, khususnya kepada Duta Pancasila, untuk bersama-sama menjaga banua ini, dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. 

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Dr Yacob mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur Kalsel dan jajaran atas dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur Kalsel atas fasilitasi tempat dan dukungan kegiatan hingga pengangkatan Duta Pancasila di Kalsel berjalan sesuai rencana," ucap Yacob

Seperti diketahui Anggota Paskibra Kalsel 2021 yang berasal dari 13 kabupaten/kota ini sebelumnya dikukuhkan Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA di  Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Minggu (15/8/2021).

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021