Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah (paling kiri) memimpin sosialisasi pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana tahun 2021 sebagai langkah antisipasi bencana.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula BPBD Kota Banjarbaru, Kamis dihadiri Kalak BPBD Banjarbaru Zaini, nara sumber dari Basarnas Banjarmasin, Founder Sedekah 2000 dan peserta berasal dari berbagai kalangan. 

"Tujuan sosialisasi sebagai upaya kewaspadaan dini untuk mengurangi resiko dampak bencana di Banjarbaru disamping penyelenggaraan salah satu tugas pokok BPBD," ujar sekda yang juga Kepala BPBD Banjarbaru. 

Dijelaskan, maksud kegiatan adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman mendalam kepada seluruh masyarakat terhadap upaya pencegahan dan kewaspadaan masyarakat menghadapi bencana.

Diharapkan melalui sosialisasi mampu memberikan kesiapsiagaan seluruh petugas BPBD Kota Banjarbaru untuk mendapatkan pelatihan sehingga jika terjadi bencana di luar dugaan (factor alam) bisa mengantisipasinya.

"Melalui sosialisasi dan pelatihan diharapkan mampu menambah skill dan keterampilan petugas BPBD Kota Banjarbaru dengan menjalankan SOP dalam pelaksanaan tugas menangani bencana," ucapnya. 

Setelah sosialisasi, Sekda mendatangi dapur Gerakan Peduli Isolasi Mandiri (Garda Lima) di halaman kantor BPBD Banjarbaru sekaligus  memberikan semangat kepada seluruh relawan yang bertugas di tempat itu. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021