Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Tahun 2021 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Mansyah Sabri di Pendopo bupati setempat, Rabu (15/9).

"Anggaran dukungan untuk program TMMD dari Pemkab HST senilai Rp1 miliar dan tambahan dari Dinas PMD Provinsi Kalsel sebanyak Rp90 juta," kata Dandim 1002/HST Letkol Inf Muh Ishak HB.

Ia menerangkan, sasaran pembangunan fisik yaitu perbaikan mutu jalan atau sertunasi sepanjang 1.725 meter dan lebar 4 meter di Desa Rantau Keminting Kecamatan Labuan Amas Utara.

Termasuk pemasangan pondasi KA/KI jalan sepanjang 1.034 meter dan perbaikan dua buah jembatan. "Selain itu juga ada sasaran tambahan yaitu rehab satu buah mushala di Desa Kasarangan dan satu buah rumah tidak layak huni di desa Rantau Keminting.

Sedangkan sasaran non fisik berupa kegiatan-kegiatan sosial dan kegiatan penyuluhan seperti pelayanan KB, pengobatan gratis, pembagian sembako dan vaksinasi.

"Untuk kegiatan penyuluhan adalah penyuluhan bela negara, wasbang, kesehatan, pertanian, anti narkoba, KB kesehatan, perikanan/peternakan,  bahaya teroris dan radikalisme, pencegahan penularan COVID-19, Posyandu, stuntingstunting dan Posbindu PTM," katanya.

Ia menambahkan, ada sekitar 150 personel dan tambahan warga sekitar yang terlibat dalam program TMMD tersebut dan dimulai dari tanggal 7 Agustus hingga 14 September 2021 untuk praTMMD dan dari 15 September sampai 14 Oktober 2021 tahap pelaksanaannya.

"Kami bertekad untuk menyelesaikan semua sasaran hingga selesai 100 persen. Meskipun dihadapkan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. "Kita akan memaksimalkan semua potensi yang ada walau lembur malam tetap kita laksanakan,"  kata Dandim.

Sedangkan Wabup HST Mansyah Sabri sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI yang terlibat langsung dalam pembangunan di Kabupaten HST.

"Semoga hasil-hasil pembangunan dari program TMMD ini dapat dinikmati dan dirawat oleh masyarakat agar kemanfaatannya dapat terus menerus dirasakan sebagai penunjang kehidupan sehari-hari," tuntasnya.
Program TMMD ke 112 Kodim 112 di Kecamatan Labuan Amas Utara (Antaranews Kalsel/M Taupik Rahman)

Baca juga: Komnas HAM berikan sikap terhadap dugaan kasus salah tangkap Gaston
Baca juga: Berikut beberapa bantuan yang diserahkan Menteri Sosial saat kunker di Kabupaten HST
Baca juga: Siti Nor Sehat sukses raup untung puluhan juta dari anyaman enceng gondok

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021