Banjarbaru,  (AntaranewsKalsel) - Bagian Hubungan Masyarakat di lingkungan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota wajib mengetahui informasi mengenai pemilihan umum kepala daerah.


"Bagian humas wajib mengetahui informasi Pilkada sehingga bisa menyampaikan kepada masyarakat," ujar Karo Humas Pemprov Kalsel Heriansyah di Banjarbaru, Senin.

Ia mengatakan hal tersebut di sela rapat dengan seluruh Bagian Humas kabupaten dan kota mengangkat tema Peran Humas dalam Pilkada Kalsel serentak tahun 2015.

Dijelaskan, melalui rapat sekaligus silaturahmi bisa membuka wawasan dan pengetahuan mengenai peran bagian humas dalam pesta demokrasi terutama di daerahnya.

"Seluruh informasi pemilukada wajib diketahui bagian humas tetapi informasi yang diperoleh harus melalui koordinasi dengan dinas dan instansi terkait," ungkapnya.

Kepala Bidang Politik pada Badan Kesbangpol Kalsel Yuyu Rahmad Mulyana mengatakan, Bagian Humas memiliki peran yang besar dalam mendukung kelancaran pemilukada.

"Peran bagian humas besar karena menjadi penyampai informasi tentang pemilukada ke masyarakat sehingga harus mengetahui setiap informasi," ujar nara sumber kegiatan itu.

Menurut dia, bagian humas juga menjadi jembatan penghubung sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku antara satu dinas dan instansi dengan pihak terkait lainnya.

"Bagian humas juga harus mampu membangun hubungan baik dengan berbagai pihak termasuk media massa sehingga bisa menyampaikan setiap informasi," katanya.

Kepala Bagian Humas Setdakot Banjarbaru Abdul Malik mengatakan, pihaknya siap menyampaikan informasi mengenai pemilukada kepada masyarakat dan pihak lain.

"Kami sudah menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan wartawan sehingga mereka bisa menyampaikan setiap informasi terutama terkait pemilukada," katanya.

Sementara itu, pemilukada serentak dilaksanakan pada tujuh kabupaten dan kota se Kalsel termasuk pemilukada gubernur Kalsel yang dijadwalkan Desember 2015.

Tujuh kabupaten dan kota itu yakni Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Balangan, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015