Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara mengegendakan kegiatan Safari Ramadan Bupati Wakil Bupati dan para pejabat masing-masing beserta isteri ke semua kecamatan.
    
Kepala Bagian Kesra H Jahri di Amuntai Sabtu mengatakan kegiatan Safari ramadan kepala daerah diawali pada Senin (22/6) di Mesjid Al Karamah Desa Tangga Ulin Hilir Kecamatan Amuntai Tengah.
    
"Jadi kegiatan safari di tiap kecamatan dilaksanakan di mesjid-mesjid yang cukup besar agar mampu menampung jama'ah," ujar Jahri.
    
Jahri mengatakan sudah sebanyak delapan mesjid ditetapkan untuk dikunjungi Bupati beserta rombongan pada kegiatan Safari Ramadan 1436 H.
    
Seperti di Kecamatan Haur Gading dilaksanakan Selasa (23/6) di Mesjid At Taqwa Desa Palimbang Sari.
    
Berikutnya, kata Jahri kegiatan safari berlanjut ke Kecamatan Sungai Pandan, Rabu (24/6) berlokasi di Mesjid Al Islah Desa Rantau Karau Raya.
    
Agenda selanjutnya di Mesjid Nurul Huda Desa Pulau Tambak Kecamatan Amuntai Selatan Kamis (25/6).
    
"Jum'at hingga Minggu kegiatan safari bupati dan pejabat Pemkab HSU ditiadakan dilanjutkan kembali pada Senin (29/6) di Mesjid Baitul Makmur Desa Bitin Kecamatan Danau Panggang," tutur Jahri.
    
Sesudah kegiatan safari di Mesjid Nurul Ibadah Kecamatan Banjang pada Selasa (30/6) esoknya terdapat agenda Safari Ramadan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan di Mesjid Raya 'At taqwa' Amuntai.
    
Namun, lanjutnya kegiatan Safari ke kecamatan kembali dilanjutkan Kamis (2/7) di Mesjid Jami At Taqwa Desa Rantau Bujur Darat Kecamatan Sungai Tabukan.
    
Dalam rangka menyambut peringatan Nuzulul Qur'an, Jum'at (3/7) malam akan dilaksanakan Pawai Ta'aruf atau arak-arakan tanglong di jalan Norman Umar depan Rumah Dinas Bupati.
    
"Kegiatan Safari berlanjut Selasa 7 Juli di Mesjid As Shalihin Desa Sungai Durait Tengah Kecamatan Babirik, dialnjutkan pada malam harinya sesudah kegiatan Qiyamul Lail di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai," paparnya.
    
Kecamatan Sungai Pandan Alabio menjadi tujuan berikutnya kegiatan Safari bupati dan pejabat Pemda HSU, yakni di Mesjid Tariqul Khair Desa Murung Asam.
    
Sebelum ditutup dengan kegiatan Safari Ramadan  di Mesjid Al Jihad milik warga Muhammadiyah di Kota Amuntai Senin (13/7), kegiatan Safari dilaksanakan terlebih dahulu di Kecamatan Amuntai Utara, Kamis (9/7).
    
"Safari di Amuntai Utara dilaksanakan dui Mesjid Jami Assa'adah Desa Sungai Turak yang di lanjutkan kembali dengan kegiatan Qiyamul Lail di Mesjid Raya Amuntai," kata Jahri.
    
Jahri menambahkan, untuk kegiatan Qiyamul Lail ini juga sudah menjadi tradisi setiap Ramadan, biasanya dilaksanakan pada malam-malam bilangan ganjil mendekati akhir Ramadan.
    
"Sesuai sunnah Rasullah kaum muslimin diperintahkan meningkatkan amal ibadah pada sepertiga akhir Ramadan berharap mendapat berkah malam Lailatul Qadar," terang Jahri.
    
Seusai lebaran, sambung Jahri terdapat agenda halal bi halal dengan Masyarakat Kecamatan Paminggir, direncanakan berlokasi di Mesjid Ar Ridha Desa Pal batu.
  
Kegiatan halal bi halal Bupati, wakil Bupati dan pejabat juga direncanakan dengan mengunjungi Asrama Kerukunan Mahasiswa HSU di Yogja dan Malang serta Banjarbaru namun waktunya belum ditentukan," pungkasnya.    


Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015