Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan AKBP Kukuh Prabowo mengatakan pihaknya menempatkan polisi di masjid dan mushola untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Menurut dia, kehadiran polisi ditengah masyarakat, diharapkan akan mamudahkan warga dalam menangani gangguan ketertiban di sekitarnya, selain itu dia juga berharap masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadhan.

"Kami imbau anggota masyarakat menjaga kamtibmas selama Ramadhan sehingga tercipta situasi yang aman, tertib dan kondusif," ujarnya di Kota Martapura, Jumat.

Ia mengatakan, menciptakan kamtibmas yang kondusif bukan hanya tugas kepolisian tetapi juga diperlukan peran serta masyarakat terutama di lingkungan sekitar.

Ditekankan, tanpa bantuan dan dukungan masyarakat, kamtibmas yang kondusif cukup sulit terwujud sehingga diperlukan kesadaran dari masyarakat mewujudkannya.

"Masyarakat yang mengetahui langsung kondisi lingkungan sehingga mereka harus bisa menjaga situasi kamtibmas di lingkungannya masing-masing," pesannya.

Menurut dia, perana aktif yang bisa dilakukan masyarakat dalam menjaga kamtibmas adalah mencegah adanya aktivitas yang mengganggu suasana selama bulan Ramadhan.

Disebutkan, aktivitas yang sangat mengganggu seperti membunyikan mercon, petasan dan kembang api yang dampaknya cukup mengganggu ketenangan umat muslim beribadah.

"Membunyikan mercon, petasan dan kembang api dilarang karena mengganggu kekhusu`an bulan suci sehingga masyarakat harus berani mencegahnya," ujar dia.

Dikatakan, pihaknya menurunkan personel yang ditempatkan setiap malam di pusat peribadatan seperti masjid maupun langgar atau mushola untuk menciptakan ketenangan.

"Personel ditempatkan pada setiap masjid maupun langgar dan musholla sehingga kehadiran polisi di tengah masyarakat bisa mencegah gangguan kamtibmas," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015