Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah yakin cabang olahraga biliar bisa meraih target dua emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2021 di Provinsi Papua yang akan dibuka 2--15 Oktober 2021.

Hermansyah meyakin itu setelah menyaksikan sendiri pemusatan latihan tim biliar Kalsel di Oneball di Banjarmasin, Jumat.

"Para atlet berlatih keras sekali untuk bisa memberikan presentasi bagi daerah di PON," ujarnya.

Apalagi, ujar dia, tim biliar Kalsel yang disiapkan untuk PON Papua ini sudah melakukan pemusatan latihan di Jogjakarta selama tujuh bulan.

Sehingga secara kemampuan dan mental bertanding, pihaknya di Dispora Kalsel merasa yakin akan bisa membawa prestasi dengan target dua emas.

"Keinginan kita target dua emas, katanya peluang itu pada nomor bola delapan," ujar Hermansyah.

Sebagaimana dukungan untuk tim biliar Kalsel dapat meraih medali pada ajang bergengsi olahraga nasional tersebut, pihaknya pun sudah memenuhi peralatan yang dibutuhkan para atlet.

"Moga peralatan yang sudah kita berikan itu makin meningkat semangat para atlet, dan mewujudkan untuk bisa membawa nama harus banua," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kontingen cabang olahraga biliar Kalsel pada PON Papua ini akan menurunkan pebiliar Jendy Apriadana, Arun dan Noor Hidayatullah akan turun di divisi pool, sedangkan Johan Purwanto akan turut di divisi snooker.

Cabang olahraga biliar masuk adalan Kalsel untuk mendulang medali pada PON Papua, sehingga bisa meningkat prestasi dari PON sebelumnya di Jawa Barat pada 2016.

Pada PON di Jawa Barat tahun 2016 tersebut, cabang olahraga biliar Kalsel menyumbang satu medali perak.

Pada PON Papua 2021 ini, Kalsel sudah mendaftar sebanyak 111 atlet pada 25 cabang olahraga.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021