Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyampakan pandangan umum, terhadap tiga rancangan peraturan daerah (Raperda), dalam rapat paripurna di Gedung DPRD setempat.

Berdasarkan pandangan umum fraksi disampaikan masing-masing juru bicaranya, seluruh fraksi DPRD mendukung dan menyetujui ketiga raperda dibahas lebih lanjut di tahap selanjutnya sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas tiga raperda, yakni tentang Perubahan APBD TA 2021, tentang pembentukan perusahaan perseroan daerah Tirta Amandit dan tentang dana cadangan pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Juru bicara Fraksi PKS, Iwan Setiawan, mengapresiasi kenaikan target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 15,85 persen pada Raperda perubahan APBD 2021, yang dipengaruhi kenaikan pendapatan BLUD.

“Kami memberi apresiasi kepada RSUD Brigjend H Hasan Basry dan RS Daha Sejahtera yang telah menunjukkan kinerjanya, dengan harapan agar bisa lebih ditingkatkan lagi,” katanya, Rabu (1/9).

Juru bicara Fraksi Gerindra-PAN, Ryan Darmawan, mengatakan siap mendorong agar meningkatkan pencapaian pendapatan daerah. Perhatian khusus terhadap standar penyusunan dan pelayanan, untuk kepentingan masyarakat.

Juru bicara Fraksi Nasdem Husnan mengatakan, mendukung raperda perubahan APBD 2021, tetapi Fraksi Nasdem memberi catatan.

"Perlu dilakukan penataan prioritas program yang benar-benar mendesak untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini," katanya.

Pihaknya juga menyambut baik raperda pembentukan Perseroda  Tirta Amandit, yang diharapkan kinerja perusahaan akan meningkat dan profesional dalam mengelola dan memnuhi kebutuhan air bersih dan sehat.

Serta dalam menjalankan usaha, harus tetap mengedepankan kepentingan masyarakat luas di samping untuk menambah pendapatan daerah.

Juru bicara Fraksi Golkar, Suniansyah, menyatakan juga apresiasi dan mendukung ketiga raperda itu, untuk dilanjutkan ke tahap pembahasan selanjutnya.

Juru Fraksi PDIP, Lutfiajadi, mengatakan mendukung upaya pemerintah melalui Raperda Perseroda Tirta Amandit. Diharapkan, Pemkab HSS benar-benar memastikannya.

"Untuk adanya keberlanjutan, pengembangan dan pembangunan potensi ekonomi di daerah terutama berkaitan dengan kepentingan umum," katanya.

Sementara, Juru bicara Fraksi PKB, M Yurni, mengatakan pihaknya mendukung pembentukan Perseroda Tirta Amandit, karena sangat penting untuk kemajuan dan merupakan sarana dalam menggali potensi di daerah untuk lebih dikembangkan.

Begitupun, senada seluruh fraksi menyatakan mendukung untuk raperda tentang dana cadangan untuk pemilihan kepala daerah tahun 2024, untuk dilakukan ke pembahasan selanjutnya.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Rodi Maulidi, dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, Muhammad Noor, serta para kepala OPD terkait.

Baca juga: Bupati HSS sampaikan Raperda APBD perubahan tahun 2021 Kabupaten HSS

Baca juga: Dua raperda HSS usulan eksekutif dan legislatif dibahas
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021