Balangan, (AntaranewsKalsel) - Bupati Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan H Sefek Effendie berharap agar perusahaan yang beroperasi di daerah setempat lebih mengutamakan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Sefek Effendie di Paringin, Sabtu, berharap dengan dibangunnya Regional Integrated and Support Area (RISA) di Balangan, bukan hanya sebagai pendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja.

"Dengan dibangunnya RISA di Kabupaten Balangan, akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun kita berharap juga PT Adaro Persada Mandiri dapat memberikan peluang kerja bagi warga lokal," ujarnya.

Bahkan, lanjut Sefek, dengan berdirinya kawasan RISA oleh PT Adaro Persada Mandiri, kita tentu berharap bisa menyerap tenaga kerja berskala besar dari SDM lokal Balangan ini.

"Kami memberikan dukungan penuh berdirinya kawasan RISA, dengan memberikan pelayanan prima dalam bentuk pelayanan dalam pemberian izin secara maksimal dan cepat," katanya.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Balangan berharap perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan RISA lebih mengutamakan penggunaan tenaga kerja lokal untuk tenaga kerjanya.

"Kita harapkan juga agar perusahaan yang ada di Balangan bisa menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, baik dalam memberikan pelatihan-pelatihan bagi generasi muda, sehingga SDM Bumi Sanggam bisa meningkat mutunya," harapnya.

Dengan pelatihan dan pendidikan itu, lanjutnya, SDM handal yang dimiliki Kabupaten Balangan bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Balangan.

Lokasi Regional Integrated and Support Area (RISA) PT Adaro Persada Mandiri (APM) dibangun di atas lahan seluas 150 hektare di luar PKP2B PT Adaro Indonesia.

RISA dibangun di Desa Lasung Batu, Kecamatan Paringin, berjarak kurang lebih lima kilometer dari pusat Kota Kabupaten Balangan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015