Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad bersama Forkopimda HSS, menghadiri apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke -76 Kemerdekaan Republik Indonesia RI) Tahun 2021.

Inspektur upacara renungan suci di taman makam pahlawan Pusara Bhakti Banua, Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto, dimulai pada pukul 00.00 WIB dan selaku Komandan Upacara Iptu Ikhwanul Muslimin.

"Saya berharap, menjelang HUT RI Ke 76 melalui kegiatan renungan suci ini kita selalu mnegenang dan mengingat jasa-jasa mereka dan apa yang mereka lakukan terhadap bangsa dan negara," katanya, Senin (16/8) malam.

Dijelaskan dia, perjuangan para pahlawan diharapkan dapat diteruskan, terutama bagi generasi penerus dan juga supaya semangat perjuangan para pahlawan tersebut menjadi semangat dalam membangun, khususnya di Kabupaten HSS.

Sebelumnya, acara diawali dengan pemadaman lampu taman makam pahlawan, dilanjutkan dengan renungan suci dipimpin inspektur upacara Kapolres HSS.

Renungan suci ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, berlangsung penuh khidmat dan berisi tentang doa, penghormatan serta penghargaan tertinggi bagi para pahlawan atas segala jasa dan gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Setelah renungan suci dilanjutkan dengan penyalaan obor dan lilin di pusara para pahlawan, yang bertujuan sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan.

Renungan suci yang berlangsung sekitar 15 menit itu merupakan agenda rutin dilaksanakan setiap memperingati hari kemerdekaan RI, meskipun dalam masa pandemic COVID-19.

Di taman makam pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Banua tersebut saat ini terdapat 16 orang pejuang kemerdekaan yang dimakamkan.

Turut hadir, unsur Forkopimda HSS, para asisten, Kepala Pengadilan Agama Kandangan, Kepala BNN HSS, Kemenag HSS, Kepala OPD HSS, ,Camat Padang Batung, Anggota TNI Kodim 1003 Kandangan dan unsur Polres HSS.

Baca juga: Bupati HSS tinjau kesiapan Paskibraka pastikan prokes terpenuhi

Baca juga: Wabup HSS motivasi wawasan kebanggsaaan anggota Paskibraka

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021