Batulicin, (Antaranews Kalsel) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanan Bumbu, melakukan serah terima bantuan benih jagung kepada kelompok tani Kupang Rabah Kecamatan Kusan Hilir.

"Sebanyak 300 kg benih jagung hibrida telah diserahkan kepada kelompak tani dalam rangka menyambut musim tanam jagung 2015," kata Kepala Distanpanak Tanah Bumbu Abdul Karim di Batulicin, Jum'at.

Ia mengtakan penyerahan bantuan benih jagung merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung pencapaian swasembada pangan khususnya swasembada jagung yang ditargetkan Pemerintah Pusat.

Agar realisasi pencapaian swasembada jagung dapat tercapai, maka Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengawali dengan menyerahkan bantuan bibit jagung serta melaksanakan tanam jagung.

"Ada 2000 Hektare lahan disiapkan oleh kelompok tani untuk tanaman jagung. Lahan tersebut tersebar seluruh sembilan Kecamatan di Tananah Bumbu," kata Abduk Karim.

Penyerahan bantuan bibit jagung dan tanam perdana jagung juga diselingi dengan kegiatan temu karya yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perkebunan dan Kelautan (BP4K) Tanah Bumbu.

Dengan kegiatan penyuluhan tentang Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) pada tanaman pangan dan holtikultura khususnya komoditi padi gogo dengan menghadirkan nara sumber dari Kepala Lab Agen Hayati Mudalang.

Temu karya diikuti 50 peserta yang terdiri dari unsure petani dan petugas pertanian seperti mantri tani, Pegawai Penyuluh Lapangan (PPL).

Ia mengharapkan, dengan adanta bentuk kepedulian pemerintah terhadap para kelompok tani yang ada di Tanah Bumbu, kesejahteraan masyarakat malalui swasembada pangan semakin meningkat.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Suryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015