Balangan, (Antaranews Kalsel) - Banyaknya bidang wirausaha yang dilakoni oleh warga Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, bukti kemajuan Sumber Daya Manusia Balangan (SDM) yang selama ini diharapkan pemerintah kabupaten setempat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Balangan H Sefek Effendie di Paringin Kamis,mengingat tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) `dBumi Sanggam` ini maju pesat dan mampu bersaing dengan wilayah lain di luar kabupaten bahkan skala Nasional.

"Seiring kemajuan tekhnologi serta kemajuan pembangunan, pastilah diimbangi dengan berbagai peluang usaha yang ada, tinggal kemauan, kerja keras dan kejelian masyarakat dalam memilih peluang usaha tersebut," katanya.Secara tidak langsung, kata Bupati dua periode ini,

Peniingkatan pembangunan dan pendidikan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, telah juga menciptakan peluang-peluang usaha bagi ekonomi kerakyatan.

*Banyak usaha kuliner, bengkel las, masakan khas, dan usaha lainnya yang dilakukan oleh warga setempat yang berhasil menjadi usaha yang bisa meningkatkan ekonomi keluarganya," ujarnya.

Prasetya Ismana, salah satu warga Paringin yang berwirausaha membuka bengkel las sejak tahun 2011, Senin, mengatakan, seiring pesatnya pembangunan dan tehnologi serta informasi yang cepat, peluang usaha akan semakin banyak.

"Kita tidak bisa menutup mata atas segala kemajuan pembangunan yang telah dicapai di daerah kita, dan seiring kemajuan itu pula terbukanya peluang berwirausaha semakin lebar, bahkan banyak orang luar daerah yang berwirausaha di daerah kita," ungkapnya.

Salah satu yang begitu kental dalam hal kegiatan industri, khususnya yang skala berat adalah usaha pengelasan, dimana beberapa tahun yang lalu mungkin tidak begitu banyak tetapi sekarang sudah begitu populer di masyarakat.

"Kita sering melihat sebuah perkantoran, pada bagian jendela biasa dipasang teralis besi yang berguna untuk keamanan, pagar besi, kanopi, tangga, dan lain sebagainya," ungkapnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat tidak terfokus pada bidang pemerintahan atau perusahaan besar, jika peluang bisnis wirausaha lebih memungkinkan untuk dikerjakan, maka tinggal kemauan kuat dan kerja keras kita untuk mencapainya.

Hingga saat ini, usaha las yang dikerjakan oleh Prasetya sudah merekrut sekitar tujuh pekerja ahli lokal, meskipun kurang, namun usahanya sudah berskala besar, hingga ke daerah luar kabupaten.

Dalam sebulan, Prasetya mampu menghasilkan pendapatan antara lima juta hingga tujuh juta rupiah dari hasil pembuatan pagar, kanopi, pintu, teralis dan sebagainya.

Hal yang utama dalam berwirausaha kata Prasetya adalah kualitas yang kita hasilkan, dan hal ini mampu membuat ekonomi masyarakat bertahan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015