Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi bersama Wakil Bupati H Mansyah Sabri, menghadiri apel kehormatan dan renungan suci tepat pukul 00,00 WITA tanggal 17 Agustus 2021 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Jalan Tanjung Pura Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa.

Upacara kehormatan dan renungan suci yang digelar tiap tahun tersebut diikuti oleh unsur Forkopimda Kabupaten HST dan para pejabat lingkup Pemkab HST.

Mencegah terjadinya penyebaran COVID-19, pelaksanaan upacara dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan, di antaranya dengan memakai masker serta mengatur jarak antar peserta upacara.

Apel dipimpin langsung Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto yang Ia membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci untuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dan atas keikhlasan serta kesucian pengorbanannya, dalam pengabdian terhadap perjuangan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula. Dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan perjuangan kami juga," katanya.

Pahlawan yang bersemayam di makam tersebut, terdiri dari TNI AD 2 orang, Polri 2 orang, sipil 6 orang, pejuang rakyat 79 orang.

Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi setelah upacara usai mengatakan, upacara kehormatan dan renungan suci dalam rangkaian perayaan peringatan Hari Kemerdekaan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan.

"Dimasa lampau pengorbanan darah, harta dan nyawa menjadi taruhan bagi sebuah kemerdekaan dan semua itu dilakukan dengan tulus, ikhlas dan sukarela oleh para pahlawan," katanya.

Oleh karenanya, Ia mengajak kepada semuanya agar melanjutkan dan mengisi kemerdekaan ini dengan semangat patriotisme, nasionalisme dan rela berkorban untuk membangun Bumi Murakata menjadi lebih baik.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021