Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina sudah mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021. Tahun ini dengan formasi lengkap, yakni, 28 orang.

"Tahun ini Alhamdulillah bisa lengkap, jadi tidak sia-sia latihannya, mudah-mudahan jadi kebanggaan keluarga dan juga menjadi bekal di kehidupan masa yang akan datang," ujarnya di Banjarmasin, Sabtu.

Ibnu Sina sudah mengukuhkan para Paskibra untuk HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021 pada Jumat kemarin, dengan formasi Paskibra putra sebanyak 14 orang dan Paskibra putri sebanyak 14 orang, hingga totalnya 28 orang.

"Kalau 17 Agustus 2020 kan hanya dilaksanakan tiga Paskibra, tahun ini kembali dengan formasi lengkap lagi," ujarnya.

Ibnu Sina menyampaikan, diputuskannya formasi lengkap Paskibra yang bertugas menaikkan dan menurunkan bendera Sang Saka Merah Putih tersebut sesuai dengan arahan Sekretariat Negara.

Dinyatakan Sekneg, pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 2021 inibisa dilaksanakan di lapangan dengan formasi yang dibatasi hanya 40 orang peserta. 

"Meski pandemi COVID-19 ini belum berakhir, tapi pelaksanaan peringatan HUT kemerdekaan tahun ini berbeda dengan tahun 2020 lalu," ujarnya.

Ibnu Sina pun berharap, jiwa patriotisme yang dihadirkan dalam pelatihan Paskibra ini akan menjadi sebuah kebanggaan. 

Dan mengibarkan bendera pusaka ini, lanjutnya, akan menjadi pengalaman berharga dalam hidup masing-masing anggota Paskibraka. 

"Mudah-mudahan bisa menjadi bekal di masa depan, terutama akan kecintaan kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, bangga lah punya putra dan putri seperti mereka," tuturnya.

Dia pun menyampaikan, persiapan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini yang akan dilaksanakan di halaman Balaikota Banjarmasin sudah mulai rampung, termasuk menyiapkan kepesertaan yang bisa hadir secara terbatas.

"Karena penularan COVID-19 di daerah kita masih tinggi hingga diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, diharapkan masyarakat tetap di rumah saja, bisa menyaksikan pelaksanaan ini secara daring," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021