Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan, Polres Banjar serta Kodim 1006 mengunjungi desa-desa di Kabupaten Banjar untuk membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan mensosialisasikan tata cara menjaga keamanan  wilayah dari ancaman yang datang dari  luar.


Rilis Humas Pemkab Banjar  diterima Antaranews Kalsel, Jumat, menyebutkan desa yang menjadi wilayah pembentukan FKDM kali ini adalah desa Sungai Rangas Tengah Kecamatan Martapura Barat dipusatkan di rumah Pembakal Desa Sungai Batang Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badang Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar Syahda Mariadi melalui Kabid Ketahanan Idiologi dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar Hj. Fathul Jannah yang juga merupakan ketua rombongan menyampaikan bahwa pentingnya pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dan sosialisasi tentang kewaspadaan ini.

"Karena Desa Sungai Rangas Tengah sendiri merupakan lintasan langsung antara Kabupaten Banjar lewat jalur pinggiran sungai Martapura dengan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan Banjarmasin," kata Fathul Jannah.

Dengan kondisi demikian, Hj. Fathul Jannah menyarankan agar masyarakat Sungai Rangas Tengah agar lebih waspada terhadap setiap pendatang yang singgah di tempat tersebut, serta mau peduli dan mencari tau apabila ada pendatang yang menginap dirumah salah satu penduduk setempat.

Serta segeralah laporkan ke aparat desa maupun ke pihak yang  berwajib apabila ada pendatang yang memiliki sikap atau tingkah laku mereka terindikasi akan mengancam keamanan dan keselamatan masyarakat desa Sungai Batang Tengah.

Dijelas Kabupaten Banjar merupakan salah satu wilayah yang terletak di tengah-tengah Provinsi Kalimantan Selatan, yang menghubungkan lintasan antara masyarakat hulu dan hilir dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Dengan demikian, Kabupaten Banjar merupakan wilayah favorit yang sering disinggahi oleh para pelancong dari luar Kabupaten Banjar, untuk beristirahat, mencari lapangan kerja maupun berniaga, hal inilah yang perlu diwaspadai , karena pendatang dari luar Kabupaten Banjar tidak jarang bisa juga menimbulkan dampak yang tidak terlalu positif bagi masyarakat setempat.

Bahkan dalam berbagai kasus terdapat pendatang dari luar Kabupaten Banjar seringkali melakukan tindakan kriminalitas yang dapat mengganggu keamanan dan ketentraman hidup bermasyarakat di Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Camat Martapura Barat, Ruliadi atas nama masyarakat Martapura Barat dan desa Sungai Rangas Tengah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap Pemerintah Kabupaten Banjar, karena selama ini telah memperhatikan masyarakat Kecamatan Martapura Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Ruliadi menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Martapura Barat, khususnya Masyarakat Desa Sungai Rangas Tengah untuk mengikuti dengan baik dari awal hingga akhir kegiatan yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Banjar tersebut./e

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015