Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengenalkan pemerintahan berbasis elektronik atau E - Goverment kepada para aparatur desa melalui acara pelatihan pembuatan blog, email dan internet security.

Kepala Seksi Pengkajian, Pengembangan Komunikasi Informasi dan E-Goverment, Dishubkominfo Tabalong Eddy Suriyani di Tanjung mengatakan penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain.

"Beberapa strategi pengembangan E-Goverment diantaranya memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dan menata sistem manajemen dan proses kerja pemerintahan," jelas Eddy dihadapan 40 aparatur desa dan perwakilan sanggar seni.

Strategi lainnya mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pemerintahan dan meningkatkan e-literacy masyarakat dan melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur.

Selain materi pemerintahan berbasis elektronik, pelatihan juga mengenalkan pengenalan internet, Open Source Software (OSS), email hingga pembuatan website/blog.

Pelatihan ini digelar selama sembilan hari sejak 25 Mei sampai 4 Juni 2015 di Media Center dengan tujuan peserta bisa mengoperasikan internet melalui pemberian teori, sharing pengetahuan yang dikuasai peserta hingga praktek langsung.

Sebelumnya Kadishubkominfo Tabalong Nanang Mulkani juga memberikan pemaparan terkait terbentuknya bidang Komunikasi dan Informatika sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang teknologi sistem informasi.

"Bidang Kominfo mempunyai tugas spesifik meliputi integrasi sistem, pengembangan Sistem aplikasi (SIM), sistem jaringan dan telekomunikasi, internet hingga pelayanan jasa konsultasi yang berhubungan dengan IT," jelas Nanang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015