Bupati Tabalong Anang Syakhfiani meminta para penjualan makanan atau warung lokal bisa dilibatkan dalam penyediaan makanan bagi warga yang menjalani isolasi.

Pasalnya Pemerintah Kabupaten Tabalong menggandeng para relawan berkomitmen akan memberikan bantuan bagi warganya yang isoman.

"Bantuan makanan bagi warga yang isoman sebaiknya memberdayakan warung lokal sehingga membantu peningkatan pendapatan," jelas Anang.

Program pemberian bantuan makanan ini ungkap Anang selain melibatkan para relawan diharapkan mendapat dukungan kalangan perusahaan yang beroperasi di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

Warga yang menjalani isoman diharapkan tidak malu atau takut saat melaporkan dirinya ke Satgas penanganan COVID-19 termasuk melapor kepada Ketua RT, lurah, Kecamatan maupun pusat layanan kesehatan terdekat.

Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie mengatakan pendataan warga yang isoman sangat penting untuk memutus rantai penularan Virus Corona.

"Bantuan ini bentuk dukungan pemerintah daerah agar warga fokus beristirahat" ucapnya.

Taufik menjelaskan salah satu strategi dalam menurunkan status PPKM level 3 ke level 2  yakni mengurangi warga yang terpapar COVID-19.

Oleh karena itu pengelolaan pasien yang sedang menjalani isoman ini sangatlah penting agar tidak menyebar ke orang lain.

Terpisah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong Yuhani menambahkan pemerintah daerah hanya menerima bantuan berupa makanan ataupun vitamin, yang nantinya didistribusikan langsung oleh relawan Tabalong Terdepan kepada warga yang isoman.

“Relawan Tabalong yang terdepanlah nantinya membagikan bantuan berupa nasi sesuai hasil pendataan," jelas Yuhani.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021