Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 60 orang PNS dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD)  lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  mengikuti  Bimbingan Terknis (Bintek)  Keprotokolan, di ruang Barakat Seketariat Kabupaten setempat, Selasa (26/5).


Bintek Keprotokolan tersebut  dibuka Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut,  Surya Arifani, dan  dihadiri  Kepala Bagian Keprotokolan Provensi Kalsel,  Kepala RSUD H Boejasin, Camat Pelaihari.

“Bintek Keprotokolan  diselenggarakan Bagian Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut bertujuan,  untuk mendapatkan wawasan baru tentang keprotokolan,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Bintek Keprotokolan, Andris Evoni, di Pelaihari.

Menurut dia,  dengan Bintek Keprotokolan tersebut PNS dapat mengatahui  pelaksanaan suatu acara atau kegiatan pemerintahan, sehingga dapat menerapkan pada satuan perangkat daerah masing-masing.

“Bintek Protokolan tersebut dapat memberikan kesempatan bagi para SKPD untuk menangani acara dengan mengacu  Undang-Undang No. 9/2010 tentang Keprotokolan dan Teknik Memandu Acara,”  ungkap Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tanah Laut.

Terpisah,  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut, Surya Arifani  mengatakan  melalui Bintek dan Pembekalan  diharapkan semakin meningkatkan kemampuan para aparatur yang menangani bidang keprotokolan di masing-masing instansi.

“Meningkatnya kemampuan aparatur akan memudahkan koordinasi dan mendukung terselenggaranya suatu acara atau  kegiatan,” terangnya.

Dijelaskannya, pada pasal 1 Undang-Undang  No. 9/ 2010 tentang Keprotokolan menyebutkan,  keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan  atau kedudukannya dalam negara, pemerintah atau masyarakat,.

“Saya meminta kepada saudara agar dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat membantu kelancaran penyelenggaraan tugas di instansi masing-masing,” tandasnya.

Pewarta: arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015