Amuntai, (Antaranews Kalsel) -  Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat  Sejahtera atau P2WKSS bertujuan mengangkat desa tertinggal agar lebih meningkat kesejahteraannya melalui peranan kaum wanita.
    
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan Hj Anisah Rasyidah di Amuntai Rabu mengatakan kesejahteraan masyarakat bisa cepat meningkat apabila terdapat peranan besar kaum wanita di desa.
    
"Melalui P2WKSS peran wanita di desa ditingkatkan melalui pembentukan kelompok usaha wanita," ujar Anisah.
    
Anisah mengatakan peranan kaum wanita melalui kegiatan kelompok usaha ini memberikan penghasilan tambahan bagi meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga.
    
"Disamping melaksanakan tugas utamanya melayani suami dan  anak, seorang wanita juga bisa membantu meningkatkan pendapatan keluarga,"tandas Anisah.
   
 Melalui pembentukan kelompok usaha, terang Anisah, mempermudah fungsi pembinaan, pemberian modal usaha dan perlindungan agar usaha yang digeluti kaum wanita di desa bisa terus berkembang maju.
    
Menurut Anisah, sangat disayangkan jika potensi yang cukup besar dari  kaum wanita di desa tidak dimanfaatkan untuk ikut menggerakan sektor usaha dan perekonomian di desa.
    
"Mungkin separuh lebih jumlah penduduk di desa adalah kaum wanita sehingga sayang jika potensi mereka tidak diberdayakan," katanya.
    
Melalui peningkatan peran kaum wanita pada sektor usaha maka turut ikut mengentaskan tingkat kemiskinan di desa.
    
Sejak Program P2WKSS digulirkan di Desa Bitin Kecamatan Danau Panggang, grafik peningkatan peranan kaum wanita mulai dirasakan.
    
Camat Danau Panggang Asikin Noor mengatakan saat ini telah terbentuk sebanyak 17 kelompok usaha wanita di Desa Bitin.
    
"Kita juga melihat terjadi peningkatan peranan kaum wanita di desa melalui berbagai sektor usaha yang mereka geluti," katanya.
     Bidang usaha yang dikembangkan melalui Program P2WKSS ini antara lain usaha kerajinan anyaman purun dan eceng gondok, usaha pembuatan kue, usaha peternakan, perikanan dan lainnya.
     Tidak hanya peranan kaum wanita pada sektor usaha yang dilakukan, namun juga peran wanita dalam peningkatan aspek kesehatan keluarga, seperti membawa anak ke posyandu, keterampilan menyajikan menu makanan bergizi berimbang dan menerapkan pola hidup bersih serta sehat bagi anggota keluarga.
     Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.
     Atas peningkatan peranan kaum wanita di Desa Bitin melalui program P2WKSS maka desa ini terpilih mewakil Kabupaten HSU pada lomba P2WKSS di tingkat provinsi Kalimantan Selatan 2015. )

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015