Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Khairul Saleh mendorong pengembangan industri skala rumah tangga yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Setiap potensi daerah harus terus dikembangkan, termasuk industri kecil skala rumah tangga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan," ujarnya di Martapura, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya sudah berkunjung ke tengah masyarakat di Kecamatan Aluh-Aluh dan mendorong warga setempat meningkatkan potensi yang ada di kecamatan itu.

Kunjungan bupati yang didampingi Ketua TP PKK Banjar Raudhatul Jannah diisi dengan penyerahan bantuan berupa puluhan unit mesin jahit bagi ibu-ibu di kecamatan setempat.

"Ibu-ibu yang menerima mesin jahit hendaknya melatih diri sehingga bisa menjahit dan mengembangkan usaha agar menjadi tambahan penghasilan keluarga," pesannya.

Menurut dia, selain bantuan yang berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dekranasda Banjar itu, kelompok ibu-ibu juga dilatih keterampilan menjahit.

"Keterampilan menjahit apabila ditekuni terutama oleh kaum ibu dan remaja putri mampu menjadi industri skala rumah tangga sehingga bisa menambah pendapatan," ungkapnya.

Dikatakan, selain mendorong industri rumah tangga, pihaknya juga berharap Kecamatan Aluh-Aluh mampu menjadi pusat perdagangan perikanan di Kalsel sesuai karakteristik wilayah.

"Wilayahnya berdekatan dengan muara Sungai Barito yang mengarah langsung ke laut sehingga potensi itu diharapkan menjadikan Aluh-Aluh pusat perdagangan ikan," ujarnya.

Ditambahkan, selain perikanan, sektor lain yang bisa dikembangkan yakni pertanian, perkebunan maupun sumber daya alam lain yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

  "Harapan kami, seluruh potensi yang dimiliki suatu daerah bisa lebih dikembangkan sehingga memberikan manfaat dan keuntungan sebesar-besarnya," kata dia.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015