Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Gamawan Fauzi memuji keberhasilan Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin selama lima tahun memimpin provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

Pujian Mendagri itu disampaikan saat melantik kembali Rudy Ariffin sebagai Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2010 - 2015 dalam rapat paripurna istimewa DPRD di Banjarmasin, Minggu.

Pasalnya, menurut Mendagri, selama kepemimpinan daerah Rudy Ariffin bersama H.M Rosehan NB selaku wakil gubernur pada 2005 - 2010 ada beberapa keberasilan pembangunan yang cukup menggembirakan dan harus diakui bersama.

Keberhasilan pembangunan itu antara lain program bebas buta aksara pada 2008 atau setahun lebih awal dari target pencapaian serta mengurangi masyarakat miskin yang untuk 33 provinsi se Indonesia khususnya luar Jawa, Kalsel masuk terkecil.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Kalsel selama lima tahun  menunjukan peningkatan yaitu dari 5 menjadi 6,5 persen atau tertinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Begitu pula APBD Kalsel pada awal menjadi gubernur hanya sekitar Rp800 miliar kini menjadi Rp2,5 triliun.

Mendagri berharap pada periode kedua kepemipinan daerah Kalsel Rudy Ariffin yang berpasangan dengan H. Rudy Resnawan dapat mempertahankan keberhasilan masa lalu dan jika memungkinkan lebih meningkat lagi.

"Untuk itu gubernur harus ingat dengan tugasnya antara lain mengoorindasikan segala potensi pembangunan daerah serta memotivasi masyarakat untuk meningkatkan partisipasi terhadap pembangunan," demikian Gamawan.

Pelantikan gubernur/Wagub Kalsel 2010 - 2015 oleh Mendagri atas nama presiden itu dalam rapat paripurna istimewa DPRD di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Dalam kata pengantarnya Ketua DPRD Kalsel Kolonel Inf (punr) Nasib Alamsyah menerangkan, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2010 diikuti lima pasangan kandidat.

Namun dari hasil pemilihan 2 Juni lalu pasangan Rudy Ariffin (incumbent) bersama Rudy Resnawan Wali Kota Banjarbaru berghasil sebagai pemenang, demikian Nasib Alamsyah.

Hadir dalam pelantikan gubernur Kalsel itu antara lain Menteri Negara Lingkungan Hidup, H. Muhammad Hatta, Ketua KPU H.A Hafiz Ansyari serta Gubernur Kalimantan Tengah, A. Teras Narang.

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2010