Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Rosehan NB mengaku bangga dengan kegiatan urang-urang keturunan atau asal Banjar di perantauan.

Kebanggaan Wagub Kalsel periode 2005 - 2010 itu melalui WA-nya dalam Group WA Banjar Lintas Negara (BLN), Rabu (28/7) sore.

Rosehan yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Kalsel itu menyatakan kebanggaannya sesudah melihat unggahan-unggahan foto kegiatan keturunan Banjar di perantauan seperti Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Unggahan foto kegiatan warga keturunan Banjar di Karimun tersebut antara lain suasana keakraban pelaksanaan ibadah Ramadhan dan ibadah qurban.

Terakhir unggahan foto festival seni budaya, di Karimun - Tanjung Balai warga keturunan Banjar menampilkan aneka budaya penduduk Kalimantan merupakan kearifan lokal yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

Foto festival seni budaya tersebut ketika belum serangan wabah virus Corona atau pandemi COVID-19 sehingga tampak meriah dan penuh semangat untuk mengenalkan seni budaya asal daerah leluhur yang harus terjaga kelestarian.

Untuk kelestarian seni budaya Banjar yang merupakan kearifan lokal tersebut, pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel membentuk Perdananya atas inisiatif Dewan atau usul Komisi IV Bidang Kesra DPRD provinsi setempat.





 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021