DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi IV Bidang Kesra yang juga membidangi Kesehatan meminta pemerintah daerah (Pemda) setempat meningkatkan penanganan pandemi COVID-19 di provinsinya.

Ketua Komisi IV HM Lutfi Saifuddin SSos mengemukakan itu melalui WA-nya, Sabtu (24/7) siang berdasarkan hasil pengawasan Komisinya selama ini.

"Melalui pengawasan Komisi IV terkait situasi terkini perkembangan penanganan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kondisinya sudah mulai mengkhawatirkan," ujar wakil rakyat dari Partai Gerindra itu.

Namun wakil rakyat asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut tidak menyebutkan/mengungkapkan data kualitatif ataupun kuantitatif.

Oleh sebab itu, menurut dia, perlu adanya peningkatan tindakan atau langkah-langkah konkret dari pemerintah daerah antara lain terkait kelangkaan oksigen, dan banyaknya tenaga kesehatan (nakes) yang saat ini terpapar serta perlu perawatan.

Selain itu, ambulan jenazah masih kurang, tim pemulasaran jenazah juga kurang, ICU serta ruang isolasi sudah penuh, dan sebagainya, lanjut anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut.

"Karenanya pula Komisi IV akan segera meminta penjelasan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel terkait semua permasalahan yang sedang dihadapi saat ini," demikian Lutfi Saifuddin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021