Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, H Said Akhmad mengukuhkan Pengurus Forum Anak Daerah (FAD) periode 2021-2023 yang merupakan binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2PAPP dan KB) Kotabaru.

Kepala Dinas P2PAPP dan KB Kotabaru, Cipta Waspada, menuturkan, pengukuhan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2021 yang mengambil tema Anak Terlindungi Indonesia Maju, yang memiliki pesan utama Anak Peduli Di Masa Pandemi.

“Forum Anak ialah wadah partisipasi anak dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok kegiatan anak atau perorangan dikelola oleh anak dan dibina oleh pemerintah sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan,” katanya.

Said Akhmad mengatakan pelantikan dan pengukuhan pengurus forum  anak periode 2021-2023 merupakan bagian dari upaya pemerintah kabupaten kotabaru dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang, dan berpartisipasi secara wajar.

“Hal ini sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta untuk memberikan perlindungan terhadap anak dari berbagai tindakan kekerasan dan diskriminasi,” ujar Sekda.

Pelantikan itu menjadi sangat penting dan strategis, mengingat selain sebagai salah satu faktor utama dalam penyelenggaraan kota layak anak, dan kegiatan tersebut juga diharapkan akan semakin meningkatkan peran serta dan kesadaran memberikan perhatian yang lebih terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Dengan dilantiknya Forum Anak ini, saya berharap akan semakin memberikan efek positif dalam pembangunan Kotabaru sebagai kota layak anak karena salah satu misi forum anak yaitu sebagai wadah aspirasi yang mewakili suara anak-anak di kotabaru dalam mewujudkan pembangunan kota yang layak anak dan ramah keluarga,” harap Sekda.

Ia mengajak kepada orang tua, keluarga, masyarakat serta dunia usaha untuk terus memberikan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak.

“Saya mengajak seluruh anak di Kotabaru menjadi pionir perubahan yang positif," demikian Sekda.

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021